Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
SMD CPU

Survey Mawas Diri

Survey Mawas Diri (SMD) merupakan kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah Kesehatan oleh sekelompok masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas Kesehatan di Desa/bidan di desa. Adapun tujuan Survei Mawas Diri (SMD) adalah sebagai berikut: Masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga.

Adapun indikator yang dinilai dalam kegiatan tersebut yaitu Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri seperti Kebiasaan Olahraga di Masyarakat, Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Air Bersih, Pemeriksaan Kesehatan secara rutin, Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang tersedia di Desa, Penanggulangan Masalah Gizi, Bumil dan Balita. Pentingnya Bersikap Mawas Diri, Agar Tak Terjatuh Dalam Kesombongan Dan Terjerembab Nista. Mawas diri atau mengenal diri sendiri itu adalah bagian dari upaya mengolah keheningan batin demi kebaikan manusia. Mawas diri merupakan sikap cara membawa diri dengan mengatur emosi dan tindakan yang terkendali agar tidak menimbulkan efek negatif di kemudian hari serta tidak merugikan orang lain.Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri, timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan.

Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.  MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD.

Mawas diri atau self awareness merupakan sikap kehati-hatian terhadap segala jenis bentuk ucapan maupun tindakan yang akan dilakukan. Mawas diri merupakan sikap cara membawa diri dengan mengatur emosi dan tindakan yang terkendali agar tidak menimbulkan efek negatif di kemudian hari serta tidak merugikan orang lain. Dalam hal ini Pemerintah Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap melaksanakan amanah APBDes Tahun Anggaran 2023 melalui Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Sub Bidang Kesehatan di Kegiatan Pelaksanaan SMD di Bulan Februari 2023. Bertempat di Dusun Gendiwungcagak RT 03 RW 03 Tepatnya dihalaman Rumah ketua RT yaitu Bapak Muhtalim SMD Tingkat Desa Sidamukti dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenali permasalahan kesehatan khususnya warga sekitar kemudian mengumpulkan data melalui pengisian instrumen SMD bagi peserta kegiatan. Kurang lebihnya afa 30 Peserta terdiri dari warga dan tokoh masyarakat sekitar serta perwakilan Dusun se Sidamukti dalam hal ini mereka adalah para Kadus yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Desa Sidamukti Kuswara, mewakilli Kepala Desa dan Tim SMD dari Puskesmas yang diwakili oleh Unsur Bidang Promosi Kesehatan Puskesmas Patimuan ada Ibu Reni, A.Md dan mba Elisa YW. Hadir pula Bidan Desa Ibu Sevi Ambarbudi yang senantiasa bersemangat memotivasi warga Desa Sidamukti bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam menggalakan Budaya Hidup Sehat. Harapan dari pertemuan ini bermanfaat dan bisa mengentaskan kehidupan warga desa menuju Hidup Sehat. Aaamin.

Kemudian tindak lanjut dari SMD akan dibawa pada Musyawarah Masyarakat Desa Tingkat Desa di bulan Maret nanti dan menjadi bahan untuk menyusun program kesehatan desa demi terselenggaranya Desa Sehat.