Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, 09 Juni 2024 – Arisan keluarga semakin populer sebagai salah satu cara untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan diantara anggota keluarga. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk menabung secara kolektif, tetapi juga menjadi ajang berkumpul dan berbagi cerita di antara keluarga besar.

Di era modern ini, kesibukan dan rutinitas seringkali membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi renggang. Namun, melalui arisan keluarga, momen-momen kebersamaan yang penuh keakraban dapat tercipta kembali. Setiap bulan, keluarga besar berkumpul di rumah salah satu anggota untuk mengadakan pertemuan arisan. Selain pengocokan nama untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan giliran, pertemuan ini juga diisi dengan makan bersama, permainan, dan diskusi ringan yang menambah kehangatan suasana.

Ibu Wartati, salah satu anggota keluarga yang rutin mengikuti arisan, mengungkapkan manfaat dari kegiatan ini. “Arisan keluarga membuat kami semua lebih dekat. Anak-anak kami jadi lebih akrab dengan sepupu-sepupunya, dan orang dewasa punya kesempatan untuk saling bertukar cerita dan pengalaman hidup,” ujarnya.

Tak hanya mempererat hubungan, arisan keluarga juga memiliki nilai ekonomis. Dana yang terkumpul secara bergilir bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari biaya pendidikan anak, renovasi rumah, hingga modal usaha kecil. Dengan sistem yang adil dan transparan, setiap anggota keluarga merasakan manfaatnya secara bergantian.

Bapak Tato, salah satu inisiator arisan di keluarganya, menambahkan bahwa arisan ini juga menjadi sarana edukasi keuangan bagi anak-anak. “Mereka belajar tentang pentingnya menabung dan mengatur keuangan sejak dini. Selain itu, mereka juga belajar tentang kebersamaan dan tolong-menolong,” jelasnya.

Dengan begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh, tidak heran jika arisan keluarga semakin digemari. Tradisi ini tidak hanya membawa kegembiraan, tetapi juga memperkuat ikatan emosional di antara sesama anggota keluarga. Sebuah langkah kecil yang memiliki dampak besar dalam menjaga keharmonisan keluarga di tengah dinamika kehidupan modern.

Mari kita jaga dan lestarikan tradisi arisan keluarga untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan. Sebuah kebiasaan baik yang tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga memperkuat fondasi keluarga secara keseluruhan.