Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Keberagaman budaya dan lanskap alam Indonesia menghadirkan kisah-kisah yang penuh makna. Di Desa Sidamukti, Patimuan, Cilacap, Jawa Tengah, doa bersama untuk memetik berkah dan kedamaian bagi bumi tempat mereka tinggal menjadi momen yang mengikat hati dan memancarkan nilai-nilai persatuan. Mari kita mengenal lebih dekat kegiatan ini yang menggambarkan kearifan lokal dan spiritualitas yang kental.

Desa Sidamukti terletak di kaki Gunung Slamet, sebuah gunung yang kaya akan legenda dan makna religius bagi masyarakat sekitar. Dikelilingi oleh keindahan alam yang mengagumkan, desa ini tidak hanya menyimpan kekayaan alam, tetapi juga kearifan lokal yang turun-temurun dijaga oleh penduduknya.

Mengingat pentingnya alam dan keseimbangan dalam kehidupan, masyarakat Desa Sidamukti secara berkala mengadakan doa bersama sebagai wujud rasa syukur dan permohonan atas berkah dan kedamaian. Doa ini diadakan di tempat-tempat sakral, seperti masjid, langgar, atau tempat ibadah lainnya, serta di tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan spiritual bagi desa.Doa Bersama Memetri Bumi

Doa bersama ini bukan hanya menjadi ajang untuk memohon keberkahan alam dan kelimpahan rezeki, tetapi juga untuk menyatukan hati dan merajut hubungan kebersamaan. Masyarakat datang bersama-sama, tanpa memandang perbedaan latar belakang, dalam satu tujuan yang sama: menguatkan tali persaudaraan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.Doa dipimpin oleh Tokoh Agama Setempat Ky. Em Chasan sekaligus selaku Ketua Tanfidziyah Ranting NU Sidamukti yang didampingi oleh Kepala Desa Sidamukti, Kepala Satpol PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua BPD serta Perangkat desa dan di amini oleh Tokoh Masyarakat, Panitia Kegiatan dan Ketua RT dan RW se Desa Sidamukti.

Di tengah heningnya suasana, doa bersama di Desa Sidamukti adalah momen bersejarah yang melibatkan semua lapisan masyarakat. Orang tua, anak-anak, pemuda, dan lansia berkumpul dalam harmoni, memetik makna yang lebih dalam dari kehidupan. Mereka berdoa untuk kelimpahan hasil bumi, keselamatan, dan keberkahan bagi tanah tempat mereka berpijak.

Doa bersama di Desa Sidamukti mencerminkan kearifan lokal dan nilai-nilai spiritual yang telah mengakar kuat dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah perpaduan antara penghormatan terhadap alam serta tradisi agama yang dianut oleh masyarakat. Doa bersama ini menjadi bentuk ekspresi spiritualitas yang memancarkan cahaya dan kedamaian, mengingatkan kita akan pentingnya saling menghormati dan menjaga kebersamaan.

Mengadakan doa bersama dalam rangka memetik berkah dan kedamaian bagi bumi Desa Sidamukti Patimuan Cilacap adalah cerminan nyata dari kebijaksanaan budaya lokal yang berpadu dengan spiritualitas. Di tengah arus modernisasi, menghormati tradisi dan bumi tempat kita tinggal tetaplah esensial. Semoga semakin banyak masyarakat yang mengambil inspirasi dari Desa Sidamukti untuk menjaga kearifan lokal dan mendekatkan diri kepada alam serta Sang Pencipta.