Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, 13 September 2023 – Kolaborasi yang erat antara Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan Babinsa (Bintara Pembina Desa) di Desa Sidamukti telah membuahkan kegiatan edukatif yang memfokuskan pada pengajaran teknik pemecahan masalah yang bijak, yang dikenal sebagai Problem Solving. Pada hari ini, Rabu tanggal 13 September 2023, mereka membagikan pengetahuan tentang pentingnya dan cara melaksanakan Problem Solving kepada masyarakat Desa Sidamukti.

Problem Solving adalah suatu pendekatan sistematis yang digunakan untuk menanggapi permasalahan dan mencari solusi yang bijak. Teknik ini membantu seseorang untuk lebih efektif dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi atas suatu permasalahan. Melalui pelatihan ini, Bhabinkamtibmas dan Babinsa berupaya memberikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dan tahapan yang terlibat dalam Problem Solving.

Peserta pelatihan diperkenalkan kepada tahapan-tahapan dalam Problem Solving, yang meliputi:

1. Identifikasi Masalah: Memahami dengan jelas masalah yang dihadapi adalah langkah awal untuk mencari solusi yang tepat.

2. Analisis Akar Penyebab: Mendalaminya penyebab permasalahan merupakan kunci untuk mencegah kambuhnya masalah yang sama di masa mendatang.

3. Pengembangan Solusi: Merumuskan sejumlah alternatif solusi yang memadai untuk menyelesaikan masalah.

4. Pemilihan Solusi: Memilih solusi terbaik berdasarkan pertimbangan yang matang dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

5. Implementasi Solusi: Menerapkan solusi secara terencana dan efektif dalam upaya menyelesaikan masalah.

6. Evaluasi: Menilai hasil dari solusi yang diimplementasikan dan mengidentifikasi perbaikan yang dapat dilakukan untuk situasi serupa di masa depan.

Penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa mereka juga memiliki peran yang besar dalam proses Problem Solving. Melalui partisipasi aktif dan memberikan masukan, masyarakat dapat membantu mencari solusi yang lebih holistik dan terarah terhadap permasalahan yang dihadapi.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa berharap bahwa dengan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang Problem Solving, akan ada peningkatan kesadaran dan keterampilan dalam menanggapi permasalahan di lingkungan sekitar. Ini adalah langkah positif menuju masyarakat yang lebih sadar, bijak, dan mampu mengatasi berbagai tantangan dengan solusi yang tepat.