Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Bimbingan Teknis KPPS Desa Sidamukti: Persiapan Matang Menuju Pemilu 2024

Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap – Minggu, 28 Januari 2024, menjadi momen penting bagi 168 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Sidamukti. Mereka mengikuti dengan antusias Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan sebagai bagian dari persiapan menuju Pemilihan Umum tahun 2024.

Bimtek, yang merupakan bagian penting dalam pembentukan anggota KPPS, di     atur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kesiapan dan pemahaman anggota KPPS dalam menjalankan tugas mereka dengan baik. Dalam acara yang berlangsung selama sehari tersebut, para peserta dibagi menjadi dua sesi, sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Desa Sidamukti, yang berjumlah 24 TPS.

Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, sementara sesi kedua berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Ketua PPS Sidamukti turut serta sebagai narasumber dalam acara tersebut, menyampaikan berbagai hal penting terkait tugas dan tanggung jawab KPPS saat pelaksanaan pemilu nanti.

Salah satu aspek yang dibahas dalam Bimtek adalah praktek mengisi formulir Model C Hasil dan Formulir Model C Salinan, yang merupakan bagian integral dari proses pemungutan suara. Ibu Imas Suryani, anggota PPS, memberikan penjelasan mendalam tentang Aplikasi SIREKAP yang akan digunakan dalam Pemilu 2024. Aplikasi ini bertujuan untuk mengirim data secara online ke server KPU, memastikan kecepatan dan keakuratan pengumpulan hasil pemungutan suara.

Acara berakhir dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta dapat memperdalam pemahaman mereka tentang berbagai hal yang telah dipelajari selama Bimtek. Antusiasme dan kesiapan anggota KPPS Desa Sidamukti dalam mengikuti Bimtek ini menunjukkan komitmen mereka untuk menjalankan tugas dengan baik demi kesuksesan Pemilu 2024 yang demokratis dan transparan.