Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
Pembukaan Kegiatan

Bimbingan Teknis atau lebih populer dikatakan Bimtek adalah Pelatihan yang dilaksanakan oleh Lembaga Resmi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pesertanya. Sedangkan Peningkatan Kapasitas adalah segala kegiatan dengan tujuan meningkatkan keterampilan , pengetahuan dan jejaring individu atau kelompok.

Desa Sidamukti

Penulis ingin sampaikan bahwa dari (2) dua pengertian diatas sudah sangat jelas apa maksud dan tujuan dari kegiatan ini. Terlebih dengan sub. tema “Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa” Di bawah arahan Pemerintah Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Se kecamatan Patimuan dapat dilaksanakan dengan baik dan tertib.

Dalam laporan kegiatannya Ketua Panitia sekaligus Kades Purwodadi Naslam Suarno menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 7 (tujuh) desa dengan kepesertaan terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Kaur Umum Perencanaan, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan dan Kasi Pelayanan serta dari Aparatur Kecamatan. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cilacap Bapak Bintang Dwi Cahyono, A.P., MM.

Kepala Dispermades Cilacap

Sebelumya juga Camat Patimuan Bapak Priyo Sutikno, S.Sos, M.M. memberikan arahan kepada peserta untuk dapat mengikuti bimtek ini dengan seksama terlebih bahwa aturan hari ini datang silih berganti tak mengenal periode sehingga wajib bagi peserta untuk melatih keterampilan, pengetahuan dan meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan keuangan dan aset desa. Karena Narasumber yang dihadirkan adalah mereka yang sudah ahli di bidangnya.

Narasumber

Di moderatori oleh Bapak Rohwanto selaku Sekcam Patimuan ada 3 (tiga) materi yang dibahas pada bimtek kali ini. Pertama; Penyusunan APBDes 2023 yang disesuaikan dengan Permendesa Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023. Kedua; Review Sipades yaitu sebuah ulasan terkait aplikasi berbasis komputer untuk memudahkan aparatur desa dalam mengelola aset desa yang dikembangkan oleh Kemendagri. Ketiga; Pengenalan Siskeudes Online atau Sistem Keuangan Desa yang dapat mengakomodasi proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban secara online.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 16-18 selama 3 (hari) bersumber dari Dana Desa bidang Pemberdayaan dan dilaksanakan di Hotel Puriwisata, The Hill Resto dan BAF Baturraden Banyumas semoga berdampak meningkatnya kompetensi aparatur pemerintah desa menuju proses transparansi dan akuntabel. Aaamiin.