Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Dalam rangka mengatasi masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di Indonesia, termasuk di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, sebuah upaya berkelanjutan telah dilakukan melalui Rembug Stunting. Rembug Stunting adalah forum diskusi terarah yang melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah desa, masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, serta berbagai instansi terkait. Melalui diskusi ini, usulan prioritas kegiatan untuk tahun 2024 telah ditetapkan untuk mempercepat penurunan stunting di desa tersebut.

Rembug Stunting Desa Sidamukti adalah wujud komitmen bersama dalam mengatasi permasalahan stunting yang berdampak serius pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di desa tersebut. Dalam diskusi yang berlangsung dengan penuh semangat, para peserta telah berhasil menyusun beberapa usulan prioritas kegiatan untuk tahun depan, dengan harapan hasilnya akan memberikan dampak positif dalam peningkatan gizi dan kesehatan anak-anak di desa ini.

Beberapa usulan prioritas kegiatan yang disepakati dalam Rembug Stunting di Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan untuk tahun 2024 antara lain:

1. Peningkatan Pengetahuan Gizi: Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi yang seimbang, cara memasak makanan bergizi, dan praktik pola makan yang baik melalui pelatihan dan penyuluhan.

2. Pemantauan Gizi Anak: Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap status gizi anak-anak di desa untuk mendeteksi dini kasus stunting.

3. Penyediaan Makanan Bergizi: Mendorong produksi dan konsumsi makanan bergizi, terutama pada anak-anak, seperti program penanaman sayur di pekarangan dan pendirian posyandu.

4.Perbaikan Sanitasi dan Akses Air Bersih: Meningkatkan sanitasi lingkungan dan memberikan akses yang lebih baik terhadap air bersih untuk keperluan sehari-hari.

5. Pendidikan Kesehatan dan Kebersihan: Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kebersihan, termasuk kebersihan tangan, untuk mencegah penularan penyakit.

6. Kolaborasi dengan Instansi Terkait: Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, organisasi kesehatan, dan lembaga non-pemerintah untuk mendukung program-program stunting.

Dengan penetapan usulan prioritas kegiatan ini, diharapkan Desa Sidamukti akan mampu mempercepat penurunan angka stunting di antara anak-anak. Hal ini akan menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pembangunan desa dan kemajuan masyarakat secara keseluruhan. Semangat berkolaborasi dan kepedulian terhadap penurunan stunting adalah modal berharga untuk mencapai tujuan ini.