Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Forum Konsultasi Publik Registrasi Sosial Ekonomi (FKP Regsosek) Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap tahun 2023 merupakan sebuah Program BPS (Badan Pusat Statistik) Nasional untuk mewujudkan Visi BPS yaitu Penyedia Data Statistik berkualitas untuk Indonesia Maju sesuai arahan Presiden. Bertujuan untuk memperoleh kesepakatan pada hasil pemeringkatan keluarga pendataan awal Regsosek serta mengembangkan desa secara berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui konsultasi dan partisipasi publik. Dalam forum ini, masyarakat desa Sidamukti berperan aktif dalam mengidentifikasi masalah, merencanakan, dan mengevaluasi program-program pembangunan desa. Melalui Regsosek perwujudan perlindungan sosial yang adaptif, akan semakin konkrit.

FKP Regsosek Desa Sidamukti tahun 2023 merupakan sebuah kelanjutan dari program Registrasi sosial ekonomi sebelumnya yang telah dilaksanakan di desa Sidamukti. Program awal yaitu Pendataan oleh petugas verifikasi dan validasi  terkait crosscek data perlindungan sosial dan data sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah dari bulan Oktober s.d. Nopember 2022. Melalui FKP Regsosek, tokoh masyarakat desa Sidamukti berkesempatan untuk memberikan masukan dan partisipasi dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan desa, sehingga program-program pembangunan dapat lebih tepat sasaran dan efektif.

Dalam FKP Regsosek ini pihak-pihak yang terlibat adalah pertama Fasilitator, yang terdiri dari Kepala Desa/Lurah. Kedua Administrasi terdiri dari Pegawai  BPS, Ketiga peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa, babinsa dan bhabinkamtibmas. Hari ini, Kamis 4 Mei 2023 kegiatan FKP dihadiri oleh perwakilan BPS SUKARDI, dan Kasi Kesra Kecamatan Patimuan AGUS S, S.IP serta babinsa dan bhabinkamtibmas desa Sidamukti.

Kepala Desa Sidamukti yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa KUSWARA menyampaikan dalam sambutannya agar semua pihak termasuk yang hadir pada pertemuan pagi ini, Kamis 4 Mei 2023 untuk mendukung penuh kegiatan FKP Regsosek ini karena berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan. Bahwa permasalahan saat ini tidak hanya pengentasan kemiskinan akan tetapi juga mengatasi munculnya kemiskinan ekstrem. Karena itu Pemerintah Desa Sidamukti memerlukan data terintegrasi dan akuntabel dari kegiatan ini sebagai penentu arah kebijakan dalam menyusun program pengentasan kemiskinan, imbuhnya. Kemudian dengan membaca Basmalllah bersama acara FKP Regsosek Desa Sidamukti Tahun 2023 secara resmi dinyatakan dibuka. Terakhir berpesan kepada peserta FKP untuk memberikan keterangan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya karena data yang dihasilkan nanti akan sangat berguna bagi Pemdes Sidamukti. Output kegiatan ini nantinya akan digunakan sebagai basis data nasional yang terpadu dan terintegrasi.

Dalam FKP RSE Desa Sidamukti tahun 2023, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan untuk melibatkan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan desa. Salah satunya adalah melalui konsultasi publik tokoh masyarakat desa. Dalam rapat pagi ini, Ketua RT, RW dan Kadus mewakili masyarakat desa dapat memberikan masukan dan saran terkait data yang sudah di verval oleh petugas sensus. Jadi, kemungkinan pergeseran data sesuai dengan sanggahan dari mereka atas nama Kepala Desa atau Lurah. Kepala Desa menyadari bahwa tantangan menggelar FKP sangat luar biasa. Mengingat, banyak masyarakat yang menolak dengan status kaya meskipun kondisi ekonominya memang berada. Termasuk juga akan menuai protes dari warga miskin yang tercatat sebagai keluarga kaya dalam data regsosek. Namun Keputusan akhir ada di Tangan Kepala Desa.

Kegiatan FKP ini akan berlangsung mulai hari ini dan 4 hari mendatang, semoga dapat berjalan dengan lancar, aman, kondusif, data sukses tanpa ekses atau disebut juga data CLEAN. Aaamiin.