Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada hari yang cerah Rabu 29 Mei 2024 ini, murid-murid TK Al Hidayah Kedungsalam melaksanakan kunjungan puncak tema ke Kantor Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap.Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme, memberikan pengalaman edukatif yang berharga bagi anak-anak.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program pembelajaran luar kelas yang diadakan oleh TK Al Hidayah Kedungsalam. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan anak-anak pada lingkungan pemerintahan desa, memperkaya wawasan mereka tentang peran dan fungsi kantor desa, serta mempererat hubungan antara lembaga pendidikan dan pemerintah desa.

Kunjungan dimulai dengan penyambutan hangat dari perangkat Desa Sidamukti. Kepala desa bersama beberapa staf menyambut kedatangan murid-murid beserta guru pendamping dengan ramah. Beberapa kegiatan yang dilakukan selama kunjungan meliputi:

1. Pengenalan Lingkungan Kantor Desa: Anak-anak diajak berkeliling kantor desa untuk melihat berbagai ruangan dan fasilitas yang ada. Mereka diperkenalkan pada fungsi setiap ruangan, seperti ruang kepala desa, ruang administrasi, dan ruang pelayanan publik. ruang perpustakaan dan ruang rapat intern.

2. Penjelasan Tugas dan Fungsi Pemerintahan Desa: Kepala Desa Sidamukti memberikan penjelasan singkat tentang tugas dan fungsi pemerintah desa. Penjelasan disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga mereka dapat mengerti peran penting kantor desa dalam kehidupan sehari-hari.

3. Interaktif Tanya Jawab: Anak-anak diberi kesempatan untuk bertanya tentang apa saja yang ingin mereka ketahui seputar kantor desa. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menunjukkan rasa ingin tahu dan antusiasme mereka.

Kegiatan kunjungan puncak tema ini memberikan banyak manfaat bagi anak-anak TK Al Hidayah Kedungsalam, antara lain:

– Wawasan Baru: Anak-anak mendapatkan pengetahuan baru tentang fungsi pemerintahan desa dan pentingnya peran kantor desa dalam melayani masyarakat.
– Pengalaman Praktis: Kunjungan ini memberikan pengalaman praktis yang memperkaya pembelajaran di kelas, membuat anak-anak lebih memahami konsep-konsep yang diajarkan.
– Interaksi Sosial: Anak-anak belajar berinteraksi dengan orang dewasa di luar lingkungan keluarga dan sekolah, meningkatkan keterampilan sosial mereka.
– Peningkatan Rasa Percaya Diri: Kesempatan untuk bertanya dan berinteraksi selama kunjungan membantu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak.

Kunjungan puncak tema TK Al Hidayah Kedungsalam ke Kantor Desa Sidamukti berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan pengalaman anak-anak, tetapi juga mempererat hubungan antara lembaga pendidikan dan pemerintah desa. Harapannya, kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung proses pembelajaran yang holistik dan menyenangkan bagi anak-anak.