Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Posyandu Mekar Kencana 2 Kedungsalam, Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, baru-baru ini melaksanakan kegiatan intervensi pengukuran serentak balita. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan stunting dan pemantauan tumbuh kembang anak di desa tersebut. Acara ini melibatkan para kader posyandu serta dukungan dari Kepala Sekolah, Guru TK, dan KB Al Hidayah Kedungsalam.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Pemerintah dan berbagai pihak terkait terus berupaya menekan angka stunting melalui berbagai program intervensi, salah satunya adalah melalui kegiatan pengukuran serentak balita di posyandu.

Kegiatan intervensi pengukuran serentak balita di Posyandu Mekar Kencana 2 Kedungsalam berlangsung dengan lancar dan tertib. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak untuk memastikan semua balita di desa tersebut mendapatkan pemantauan yang optimal. Para kader posyandu bekerja sama dengan Kepala Sekolah, Guru TK, dan KB Al Hidayah Kedungsalam dalam menjalankan kegiatan ini.

Tahapan Pelaksanaan:

1. Pendaftaran dan Penerimaan Balita: Setiap balita yang datang didaftarkan terlebih dahulu. Para orang tua atau pengasuh balita diminta untuk memberikan informasi dasar mengenai anak mereka.

2. Pengukuran Berat Badan (BB): Setiap balita ditimbang untuk mengetahui berat badan mereka. Pengukuran ini penting untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan fisik anak.

3. Pengukuran Tinggi Badan (TB): Pengukuran tinggi badan dilakukan untuk melihat pertumbuhan panjang atau tinggi balita. Hal ini membantu dalam penilaian status gizi anak.

4. Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA): Pengukuran LILA dilakukan untuk mendeteksi adanya gizi buruk atau malnutrisi pada balita.

5. Pengukuran Lingkar Kepala: Pengukuran lingkar kepala penting untuk memantau perkembangan otak dan pertumbuhan kepala anak.

Keterlibatan Kepala Sekolah dan Guru TK serta KB Al Hidayah Kedungsalam dalam kegiatan ini sangat penting. Mereka tidak hanya membantu dalam pelaksanaan teknis pengukuran, tetapi juga memberikan edukasi kepada orang tua mengenai pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak. “Kami berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memastikan balita di desa ini tumbuh sehat dan optimal,” ujar Kepala Sekolah TK Al Hidayah Dewi Masitoh, S.Pd, Aud.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan balita di Desa Sidamukti. Dengan adanya pengukuran serentak, data yang diperoleh dapat digunakan sebagai dasar untuk intervensi lebih lanjut bagi balita yang memerlukan perhatian khusus.

Testimoni dari Orang Tua:

– Ibu Siti, salah satu orang tua balita, menyatakan, “Saya sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Kami jadi tahu kondisi tumbuh kembang anak kami dan mendapatkan arahan dari kader posyandu dan guru TK mengenai cara menjaga kesehatan anak.”
– Bapak Agus, orang tua lainnya, menambahkan, “Kegiatan ini sangat baik dan perlu terus dilakukan secara rutin. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini.”

Giat pelaksanaan intervensi pengukuran serentak balita di Posyandu Mekar Kencana 2 Kedungsalam merupakan langkah penting dalam pencegahan stunting dan pemantauan tumbuh kembang anak di Desa Sidamukti. Kerjasama antara kader posyandu, Kepala Sekolah, dan Guru TK serta KB Al Hidayah Kedungsalam menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan balita di desa tersebut. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan dan membantu mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas di masa depan.