Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Masjid merupakan pusat spiritual dan sosial masyarakat Muslim yang memainkan peran penting dalam membentuk kebersamaan dan keimanan di tengah komunitas. Di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, terdapat Masjid Jam’i Darul Ulum Kedungsalam yang menjadi lambang kekompakan dan semangat gotong royong bagi pengurus masjid dan jamaah setempat.

Pada tahun 2023, pengurus masjid dan jamaah Masjid Jam’i Darul Ulum Kedungsalam Sidamukti Patimuan memulai sebuah proyek pembangunan yang akan membawa perubahan signifikan bagi tempat ibadah mereka. Proyek ini mencakup pembenahan fasilitas, perluasan ruang, dan peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para jamaah.

Proyek pembangunan ini dijalankan dengan semangat gotong royong yang tinggi, mencerminkan rasa kebersamaan dan kekompakan antara pengurus masjid dan jamaah. Semua pihak bekerja bersama-sama, memberikan kontribusi baik tenaga maupun materi, untuk mewujudkan impian bersama memperindah dan memperluas Masjid Jam’i Darul Ulum.

Pengurus masjid menjadi motor penggerak utama dalam proyek ini. Mereka membentuk tim kerja yang bertugas untuk mengorganisir, mengelola, dan memantau jalannya proyek. Pada sisi lain, jamaah dari berbagai lapisan masyarakat aktif berpartisipasi dengan memberikan dana, tenaga, dan saran-saran konstruktif.

Keterlibatan seluruh pihak menghasilkan kolaborasi sinergis yang memastikan proyek berjalan sesuai rencana dan target waktu. Setiap anggota tim berkontribusi sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. Ada yang mengurus pengadaan material, ada yang membantu dalam pengerjaan fisik, dan ada yang bertanggung jawab atas administrasi dan dokumentasi.

Dengan semangat gotong royong yang kental, proyek pembangunan Masjid Jam’i Darul Ulum Kedungsalam mengalami progres yang sangat memuaskan. Fasilitas masjid diperbarui dan ditingkatkan, termasuk peningkatan aksesibilitas bagi difabel dan lansia.

Selain dari segi fisik, proyek ini juga mengukuhkan kebersamaan dan kekompakan di antara pengurus masjid dan jamaah. Kebersamaan ini tidak hanya terbatas selama proyek, namun terus berlanjut dalam menjalani aktivitas sehari-hari di masjid. Kerja keras dan sinergi mereka telah menciptakan lingkungan yang hangat dan penuh persaudaraan.

Kesuksesan proyek pembangunan Masjid Jam’i Darul Ulum Kedungsalam tidak hanya membanggakan bagi pengurus masjid dan jamaah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya. Semangat gotong royong yang terpancar dari proyek ini membuka pintu bagi proyek-proyek lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan memajukan komunitas.

Gotong royong adalah salah satu nilai luhur dalam budaya Indonesia, dan proyek pembangunan Masjid Jam’i Darul Ulum Kedungsalam adalah bukti nyata bahwa kebersamaan dan kekompakan bisa menciptakan perubahan yang positif dalam masyarakat. Semoga semangat ini terus terjaga dan menginspirasi untuk melakukan lebih banyak perubahan baik di masa depan.