Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, 6 Juni 2024 – Di tengah hijau dan suburnya Dusun Sidamukti, terdapat sebuah kelompok yang selalu giat dan kompak dalam mengelola pertanian. Kelompok Wanita Tani (KWT) “DEWI SARTIKA”, yang berlokasi di RT05/07 Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, menjadi teladan bagi masyarakat sekitar dengan berbagai aktivitas pertaniannya yang sukses dan bermanfaat.

Diketuai oleh Ibu Ade Armi dan beranggotakan 30 orang, KWT “DEWI SARTIKA” menanam beragam sayuran seperti kangkung, terong, pare, tomat, kacang, cabai, bayam, dan masih banyak lagi. Selain sayuran, mereka juga mengelola apotek hidup dengan berbagai macam tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Keberhasilan KWT “DEWI SARTIKA” tidak lepas dari bimbingan langsung Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Patimuan, Bapak Supriyatin. Beliau secara rutin memberikan arahan dan dukungan teknis agar kelompok ini dapat mengoptimalkan hasil pertaniannya.

Saat panen tiba, hasil pertanian dari KWT “DEWI SARTIKA” tidak hanya dibagikan untuk kesejahteraan anggota kelompok, tetapi juga dipasarkan kepada warga sekitar. Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan para anggota, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan sayuran segar bagi masyarakat Desa Sidamukti.

Ibu Ade Armi, ketua KWT “DEWI SARTIKA”, menyampaikan kebanggaannya atas kekompakan dan kerja keras anggota kelompok. “Kami sangat senang melihat tanaman kami tumbuh subur dan bisa memberikan manfaat langsung bagi anggota kelompok dan warga desa. Kerja sama dan dukungan dari semua pihak, terutama dari Bapak Supriyatin, sangat berarti bagi kami,” ujar Ibu Ade Armi.

Salah satu anggota kelompok, Ibu Erah, juga mengungkapkan kebahagiaannya menjadi bagian dari KWT “DEWI SARTIKA”. “Saya merasa bangga bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, kami juga belajar banyak tentang pertanian dan kesehatan dari tanaman obat yang kami tanam,” kata Ibu Erah.

Keberhasilan KWT “DEWI SARTIKA” dalam mengelola pertanian dengan baik tidak hanya meningkatkan kesejahteraan anggotanya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi kelompok tani lainnya di Kecamatan Patimuan. Hijau dan suburnya tanaman mereka menjadi simbol kerja keras dan kekompakan yang patut dicontoh.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, KWT “DEWI SARTIKA” terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat diharapkan dapat terus mengalir, sehingga kelompok ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi Desa Sidamukti.