Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Akhir bulan Mei ini tepatnya pada Jum’at 25 Mei 2023, suasana Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungreja, diramaikan oleh acara istimewa yang diadakan di Ma’mun.Minibar  Acara bertajuk “Kongkow Bareng Komunitas Kader dan Duta Digital Kawunganten, Patimuan, Kedungreja Jilid 1” ini diadakan sebagai bentuk rapat koordinasi pasca bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa di Mercure Jakarta minggu pertama bulan Mei.

Acara ini bertujuan untuk menyatukan para kader digital dari tiga kecamatan, yakni Kawunganten, Patimuan, dan Kedungreja. Mereka berkumpul untuk membahas langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti Bimtek. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan dan berbagi pengalaman di antara para peserta.

Acara dimulai dengan pembukaan yang hangat oleh tuan rumah, dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator acara. Dalam sambutannya, koordinator menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara kader dan duta digital untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kualitas dan aksesibilitas teknologi di desa-desa masing-masing.

Bagian utama dari acara ini adalah rapat koordinasi yang dipandu oleh beberapa fasilitator. Para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan berbagai topik, seperti:
– Penerapan teknologi digital di desa: Bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat.
– Kendala dan tantangan: Mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi dalam implementasi program digitalisasi dan mencari solusi bersama.
– Rencana tindak lanjut: Merumuskan langkah-langkah konkret yang akan dilakukan pasca rapat koordinasi ini, termasuk timeline dan pembagian tugas.

Hasil diskusi dari masing-masing kelompok kemudian dipresentasikan dan dibahas secara plenary. Beberapa poin penting yang dihasilkan antara lain:
– Pengadaan pelatihan lanjutan: Mengadakan pelatihan teknologi secara berkala untuk meningkatkan keterampilan kader dan duta digital.
– Pengembangan aplikasi lokal: Merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan desa, seperti aplikasi untuk pelayanan administrasi desa atau platform e-commerce untuk produk lokal.
– Kerjasama dengan pihak eksternal: Membangun kemitraan dengan universitas, perusahaan teknologi, dan pemerintah daerah untuk mendukung program digitalisasi.

Acara ditutup dengan pesan-pesan motivasi dari para fasilitator dan koordinator. Mereka mengajak seluruh peserta untuk tetap semangat dan komitmen dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan. Harapannya, dengan adanya rapat koordinasi ini, implementasi teknologi digital di desa-desa akan semakin optimal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kongkow Bareng Komunitas Kader dan Duta Digital Kawunganten, Patimuan, Kedungreja Jilid 1” di Minibar Ma’mun Desa Bojongsari adalah langkah awal yang penting dalam mengkoordinasikan langkah-langkah strategis pasca Bimtek Kementerian Desa. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi, para kader dan duta digital berkomitmen untuk membawa perubahan positif melalui teknologi digital di desa masing-masing. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk terus berinovasi dan bekerja sama demi kemajuan bersama.