Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap meraih tonggak bersejarah dengan keterlibatan Kepala Desa (Sutrisno) dalam rapat koordinasi program penguatan kelembagaan pemerintah desa tingkat provinsi regional IV di Yogyakarta pada 3-6 Desember 2023. Dalam upaya untuk terus meningkatkan kapasitas pemerintahan desa, Kepala Desa Sidamukti mendapatkan dukungan dan pendampingan langsung dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Cilacap Bapak Bintang Dwi Cahyono, A.P., M.M

Sinergi Antar Pemerintahan: Dukungan Kepala Dispermades Cilacap

Partisipasi Kepala Desa Sidamukti dalam rapat koordinasi di Yogyakarta menjadi semakin istimewa dengan dukungan penuh dari Kepala Dispermades Cilacap. Keterlibatan langsung dari kepala dinas tersebut menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat kapasitas pemerintahan desa untuk lebih responsif dan efektif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Fokus pada Penguatan Kelembagaan Pemerintah Desa

Rapat koordinasi di Yogyakarta menjadi platform untuk mendiskusikan strategi dan program penguatan kelembagaan pemerintah desa di tingkat provinsi regional IV. Kepala Desa Sidamukti, didampingi oleh Kepala Dispermades Cilacap, memiliki kesempatan untuk belajar dari pengalaman desa-desa lain dan mendapatkan wawasan terkini mengenai inovasi dalam pemerintahan desa.

Peran Kepala Desa sebagai Agen Perubahan Lokal

Keterlibatan Kepala Desa Sidamukti dalam rapat koordinasi tidak hanya menjadi peluang untuk meningkatkan pengetahuan pribadinya, tetapi juga untuk membawa perubahan positif kepada desanya. Sebagai agen perubahan lokal, Kepala Desa dapat mengimplementasikan praktik terbaik yang diperolehnya dari forum koordinasi ke dalam pemerintahan desa Sidamukti.

Pentingnya Jaringan dan Kolaborasi Antar Desa

Rapat koordinasi di Yogyakarta juga menjadi wadah untuk membangun jaringan dan kolaborasi antar desa. Kepala Desa Sidamukti dapat berinteraksi dan berdiskusi dengan para pemimpin desa dari wilayah lain, membuka peluang untuk pertukaran ide dan kerjasama yang dapat memperkaya pengelolaan pemerintahan desa di seluruh kabupaten.

Implementasi Langsung Hasil Rapat untuk Kemajuan Desa

Dengan mendapatkan wawasan baru dan dukungan langsung dari Kepala Dispermades Cilacap, Kepala Desa Sidamukti berkomitmen untuk mengimplementasikan hasil rapat koordinasi tersebut dalam pembangunan desanya. Ini mencakup penerapan kebijakan dan praktik terkini untuk meningkatkan pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat.

Kesimpulan: Langkah Nyata Menuju Pemerintahan Desa yang Unggul

Kepala Desa Sidamukti, dengan dukungan dari Kepala Dispermades Cilacap, memberikan contoh nyata bagaimana kerjasama antara pemerintahan desa dan dinas terkait dapat memperkuat kapasitas pemerintahan desa. Partisipasi dalam rapat koordinasi di Yogyakarta tidak hanya membuka peluang baru untuk pembelajaran, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menginspirasi dan mengimplementasikan langkah-langkah konkret demi kemajuan Desa Sidamukti. Semoga pengalaman ini menjadi titik tolak untuk desa-desa lain dalam mengejar keunggulan dalam pelayanan publik dan pembangunan berkelanjutan.