Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pelatihan dapat diartikan sebagai proses terencana untuk memodifikasi sikap atau perilaku pengetahuan, keterampilan melalui pengalaman belajar. Tujuannya adalah untuk mencapai kinerja yang efektif dalam setiap kegiatan atau berbagai kegiatan. Sedangkan Budidaya adalah kegiatan yang mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya nabati dan dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan modal, teknologi, atau sumber daya lainnya supaya bisa menghasilkan produk barang yang mampu memenuhi kebutuhan manusia secara lebih baik. kan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia, umumnya di Pulai Jawa. Ikan jenis ini tidak pernah ditemukan di sungai, rawa, waduk, sawah, dan telaga. Ikan Lele merupakan jenis ikan nocturnal, yaitu mencari makan di malam hari.

Pelatihan Budidaya Perikanan Darat

Budidaya lele merupakan kegiatan pemeliharaan pembesaran ikan lele dari yang berukuran kecil (benih) sampai ukuran konsumsi. Apa saja keuntungan dalam melakukan budidaya lele? Berdasarkan keuntungan tersebut, budidaya ikan lele tetap menjadi primadona dalam budidaya ikan air tawar. Budidaya ikan lele sangat diminati para peternak karena pasarnya yang terus berkembang. Budidaya ikan lokal yang digemari masyarakat setempat perlu diutamakan jika tujuan kegiatannya adalah untuk meningkatkan produksi makanan serta meningkatkan gizi masyarakat di daerah tersebut. Selain rendah kalori dan sodium, ikan lele juga mengandung protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Seperti kebanyakan ikan lainnya, ikan lele memiliki manfaat yang luar biasa. Ini menjadikannya ideal untuk menjaga pola makan seimbang. Itu merupakan keunggulan Ikan Lele.

 

Budidaya ikan lele adalah suatu kegiatan dimana orang memelihara ikan lele kemudian dijual. Budidaya ikan lele tidak harus dilakukan di kolam tanah. Ada cara efektif mengembangkan lele dengan menggunakan terpal. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang dijual dengan harga terjangkau. Selain gizinya tinggi, ikan lele mudah dibudidayakan di rumah. Pemerintah Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kebupaten Cilacap pada hari ini Rabu, 15 Maret 2023 bertempat di Pendopo Balai Desa menggelar Pelatihan Budidaya Perikanan Darat Khusunya Ikan Lele, dengan mengambil Tema “Budidaya Ikan lele dengan biaya murah”. Materi pelatihan ini disampaikan langsung oleh Narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap untuk wilayah Kedungreja dan Patimuan yaitu Bapak Sunu Aji Nugroho, S.STP dan Praktisi Pembudidaya Pembesaran Ikan Lele Mr. Andri (Sidamukti). Acara dibuka oleh Bapak Sekretaris Desa mewakili Pemerintah Desa dikarenakan Kepala Desa ada Giat Ulang Tahun Satpol PP di Magelang bersama Kepala Desa se Provinsi Jawa Tengah. Dalam Sambutannya Sekretaris Desa menyampaikan bahwa Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang ketahanan pangan untuk membudidaya ikan lele sebagai salah satu peluang usaha rumahan dalam mengantisipasi resesi ekonomi menurut pengamat di Tahun 2023 ini.

Hadir sebagai peserta pelatihan yaitu para Ketua RT dan Ketua beberapa Kelompok Perikanan Darat yang dengan sengaja diundang untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan dalam pelatihan ini untuk kemudian di “gethok tular” kepada warganya. Dari 45 undangan hadir 40 peserta pelatihan dan mereka antusias mengikuti penjelasan dari Narasumber dan Praktisi terkait budidaya ikan tawar jenis lele ini.

Narasumber menyampaikan banyak hal beberapa diantaranya adalah solusi dalam membudidaya ikan lele. kemudian menyampaikan Cara membudidayakan ikan lele dengan menggunakan kolam terpal :

  1. Terpal harus dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun, bilas sampai bersih dan keringkan;
  2. Bentang terpal menyerupai kolam, supaya bisa berdiri tegak, terpal disanggah dengan kayu yang kuat ;
  3. Isi terpal dengan dengan air setinggi 20-30 cm;
  4. Diamkan air didalam terpal selama 7-10 hari untuk pembentukan lumut. Tambakan kotoran sapi kering kedalam kolam yang telah diisi air;
  5. Pilih benih lele unggul, biasanya gerakannya agresif dan gesit saat diberi makan, warnanya lebih terang;
  6. Penebaran benih lele harus ada pemisahan antara lele ukuran besar dan kecil untuk menghindari ikan lele memangsa sesama. Waktu penebaran yang baik pada malam hari.

Dalam budidaya ikan lele ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Setelah ikan lele berumur 20 hari, dilakukan penyortiran (pisahkan lele besar dan kecil);
  2. Kualitas kolam yang bagus harus berwarna hijau, karena ikan lele bertahan hidup di air berlumpur;
  3. Keadaan kolam (tinggi) perlu diperhatikan, tinggi kolam bulan 1 adalah 20 cm, bulan ke-2 adalah 40 cm dan bulan ke-3 adalah 80 cm, usahakan kolam tidak dangkal;
  4. Ikan lele diberikan pakan 3x sehari yaitu jam 7 pagi, jam 5 sore dan jam 10 malam. Jenis pakan sentrat 781-1.7;
  5. Panen ikan lele dilakukan ketika ikan lele mencapai umur 90 hari. Cara pemanenan menggunakan sarung tangan, jaring dan serokan besar.

Semoga bermanfaat.