Hari Rabu, 4 Desember 2019, Pemerintah Desa Sidamukti menyelenggarakan acara “Pelatihan Karang Taruna”. Acara yang diadakan di Balai Desa Sidamukti ini dihadiri oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Sidamukti. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Desa Sidamukti, Bapak Sutrisno.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sidamukti menyampaikan bahwa Pelatihan Karang Taruna itu dimaksudkan untuk membangun karakter bangsa dan untuk memajukan desa Sidamukti. Beliau berharap dengan difasilitasi kegiatan tersebut semoga desa Sidamukti menjadi aman dan kondusif.

Sebagai narasumber yang pertama adalah Iptu Hadi Nugroho, S.H. MM, Kapolsek Patimuan. Menurut beliau, generasi mudalah yang nantinya akan meneruskan perjuangan, berawal dari Sumpah Pemuda, yang diikrarkan pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Pemerintah sedang gencar-gencarnya membebaskan masyarakat, khususnya pemuda, dari narkoba, terorisme, radikalisme, dan organisasi terlarang. Pemuda sebaiknya membantu Polsek untuk ikut berperan dalam program bebas narkoba tersebut.

Sebagai narasumber yang kedua yaitu Jarot Prasetyo Wibowo, S.H., Babinkamtibmas desa Sidamukti. Beliau memberikan materi tentang narkoba, dari apa itu narkoba, efek dan sifat jahat narkoba, faktor penyebab penggunaan narkoba, kemungkinan pecandu narkoba, hingga tips menghindari narkoba.

Narasumber ketiga yaitu Bapak Rohwanto, S.H., MM. Beliau menyampaikan materi yang berjudul “Pemuda Membangun Desa di Era Milenial”. Yang dibutuhkan saat ini adalah pemuda untuk membangun desa, yang mempunyai karakter berpikir jernih, gigih, kreatif, dan dinamis. Pemikiran positif adalah pasti, kokoh, optimis, menguntungkan , dan memberikan respon yang bagus. Sementara pemikiran negatif akan menimbulkan kehancuran atau keburukan.