Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pemerintah Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan hari ini, Selasa 26 September 2023 salurkan 8.000 liter air masing-masing pada wilayah kekeringan pada 2 (dua) dusun yaitu Dusun Langgenkepuh dan Dusun Gendiwungcagak, Rencana kegiatan diagendakan setiap 1 (satu) bulan sekali ada pengiriman untuk warga di dua dusun tersebut. Berdasarkan amanah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sidamukti Tahun 2023 Bidang Penanggulangan Bencana Sub Bidang Keadaan Mendesak Desa di Musim Kemarau Tahun ini dianggarkan untuk Bantuan Air Bersih.

Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Air adalah substansi kimia dengan rumus H2O, satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, namun pada wilayah langgenkepuh dan gendiwungcaggak air sebagai sumber utama kehidupan pada kenyataannya masih belum layak untuk dikonsumsi, airnya berwarna, asin dan kadang berbau. Maka pada musim kemarau ini kami berharap tidak hanyai sekedar bantuan air dari armada tangki namun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) wilayah Sidareja untuk bisa menyambung pipa dari saluran PDAM yang sudah ada sehingga warga Sidamukti khususnya yang berada diwilayah kekeringan dapat merasakan dan mendapatkan air yang layak untuk diminum, dimasak atau untuk kegiatan lainnya yang bersifat urgen.

Pemerintah Desa Sidamukti hadir untuk membantu berupa pengadaan air bersih agar warga yang kesulitan air bersih bisa mendapatkannya. Tentunya koordinasi diperlukan agar terjalin sinergitas demi kepentingan dan kebutuhan warga akan air bersih. Kepala Dusun melalui ketua RT atau RW setempat bisa mengakomodir dan memberikan bantuan air bersih tersebut. Walau kuota kami terbatas, masih banyak yang peduli terhadap warga Sidamukti baik dari Ormas Keagamaan, Sosial atau Partai Politik kami tampung dan salurkan. Seperti halnya dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdalatul Ulama Cilacap hampir setiap hari menyalurkan bantuan minimal 2 tangki sebanyak 16.000 liter.

Atas Nama Pemerintah Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap menghaturkan banyak-banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua elemen yang ikut peduli pada musim kekeringan saat ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalasnya dengan yang lebih banyak lagi. Teriiring Do’a Jazakumullah Akhsanal Jaza.

Semoga ditahun mendatang pemerintah desa melalui PDAM dapat menerima akses air bersih yang selama ini kami tunggu. Aaamiin.