Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Cilacap, 17 Mei 2024 — Pendopo Wijaya Kusuma Sakti, salah satu ikon arsitektur dan kebudayaan di Cilacap, semakin menegaskan posisinya sebagai simbol keasrian dan kenyamanan kota. Terletak di pusat kota Cilacap, pendopo ini tidak hanya menjadi tempat bagi berbagai acara penting, tetapi juga menjadi destinasi favorit bagi warga lokal dan wisatawan yang mencari ketenangan serta keindahan arsitektur tradisional Jawa.

Pendopo Wijaya Kusuma Sakti dikenal dengan desainnya yang memadukan unsur-unsur tradisional Jawa dengan sentuhan modern, menciptakan suasana yang harmonis dan menenangkan. Dikelilingi oleh taman-taman yang asri dan terawat, pendopo ini menawarkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata dan pikiran. Pepohonan rindang, bunga-bunga yang berwarna-warni, serta alunan gemericik air dari kolam-kolam kecil menambah keindahan tempat ini.

Selain keindahan alamnya, Pendopo Wijaya Kusuma Sakti juga dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Area pendopo yang luas dan bersih sering digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari upacara adat, pagelaran seni, hingga acara-acara pemerintah dan swasta. Ketersediaan fasilitas pendukung seperti parkir yang luas, toilet yang bersih, dan aksesibilitas yang baik menjadikan pendopo ini sebagai tempat yang ideal untuk berbagai jenis acara.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, dalam sambutannya pada acara peresmian renovasi pendopo beberapa waktu lalu, menyatakan bahwa Pendopo Wijaya Kusuma Sakti bukan hanya sekedar bangunan, tetapi juga simbol dari semangat gotong royong dan keindahan budaya lokal yang terus dipelihara. “Kami berharap, pendopo ini dapat menjadi kebanggaan warga Cilacap dan memperkuat identitas kota sebagai ‘Cilacap Bercahaya’,” ujarnya.

Warga Cilacap juga mengapresiasi keberadaan pendopo ini. Siti, seorang warga lokal, mengungkapkan rasa bangganya terhadap pendopo yang menjadi salah satu landmark kota. “Tempat ini sangat indah dan nyaman. Setiap kali ada tamu dari luar kota, saya selalu mengajak mereka ke sini untuk menikmati keindahan dan ketenangannya,” katanya.

Sebagai salah satu ikon kota, Pendopo Wijaya Kusuma Sakti terus menarik perhatian dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Keasriannya yang terjaga serta kenyamanannya yang ditawarkan menjadikan pendopo ini tidak hanya sebagai tempat untuk beraktivitas, tetapi juga sebagai ruang untuk menenangkan diri dan menikmati keindahan alam serta budaya Jawa yang autentik. Dengan berbagai upaya pelestarian dan pengembangan yang dilakukan, Pendopo Wijaya Kusuma Sakti siap menyambut masa depan sebagai simbol kota Cilacap yang bercahaya.