Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Proses penyusunan dan penyampaian laporan pertanggungjawaban kepala desa merupakan hal yang penting dalam rangka transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan program-program pembangunan di tingkat desa. Di Desa Sidamukti, Kabupaten Cilacap, proses ini dilaksanakan dengan baik, di mana laporan pertanggungjawaban kepala desa untuk tahun anggaran 2023 telah disetujui oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidamukti dan kemudian disampaikan kepada Bupati Cilacap.

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Seluruh Kasi dan Kaur selaku PTPKD (Pejabat Teknis Pengelola Keuangan Desa) dan Ketua BPD beserta Anggotanya. Laporan pertanggungjawaban tersebut merupakan hasil dari evaluasi atas program-program pembangunan yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2023. Di dalam laporan tersebut, terdapat informasi mengenai penggunaan anggaran, capaian program, serta evaluasi atas pencapaian target yang telah ditetapkan sebelumnya.

BPD Sidamukti sebagai lembaga yang mewakili masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian pembangunan di desa memiliki peran penting dalam menilai dan menyetujui laporan pertanggungjawaban tersebut. Dengan adanya persetujuan dari BPD, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dan program-program pembangunan di Desa Sidamukti telah dilakukan secara transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah disetujui oleh BPD, laporan pertanggungjawaban tersebut kemudian disampaikan kepada Bupati Cilacap sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan dan program-program pembangunan di Desa Sidamukti. Diharapkan, laporan pertanggungjawaban ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan di masa yang akan datang.

Dengan demikian, proses penyampaian laporan pertanggungjawaban kepala desa Sidamukti kepada Bupati Cilacap yang telah disetujui oleh BPD Sidamukti merupakan salah satu contoh implementasi prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan di tingkat desa. Semoga hal ini dapat menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lain dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dalam membangun daerah.