Hari Rabu, 9 Mei 2018 diadakan pertemuan dengan Kelompok Tani Desa Sidamukti. Acara ini selain Ketua Kelompok Tani, juga mengundang Ketua BPD, Ketua Gapoktan, Ketua LPMD, dan para Kepala Dusun. Acara yang dibuka oleh Sekretaris Desa Sidamukti Bapak Kuswara, S.Pd.I. ini diselenggarakan di Balai Desa Sidamukti dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Menurut Bapak Kuswara, S.Pd.I, bulan Mei ini adalah Bulan Gotong Royong yang telah dicanangkan di Kecamatan Kedungreja. Bapak Kepala Desa Sidamukti berpesan yang disampaikan lewat Sekretaris Desa Sidamukti, diadakan gotong royong membersihkan lingkungan dan para Kepala Dusun dimohon menggerakkan warganya. Sementara Ketua Gapoktan, Bapak Gunadi M. Azis, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu

  1. Suplai pupuk, sekarang menggunakan data usulan dari yang mengusulkan Kartu Tani, yang tercatat baru sebagian. Jadi masih kurang 200 hektar, hanya kejatah 300 hektar. Ada 20 Kelompok Tani, yang mengusulkan baru 17 Kelompok Tani. Sedesa baru 654 anggota tani, harusnya lebih. Kartu Tani bukan tentang banyaknya iuran yang akan dibayarkan para anggota kelompok tani, tapi berkaitan erat dengan jatah pupuk. Kartu Tani bisa digunakan meskipun saldonya nol. Yang berwenang mengeluarkan Kartu Tani adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Adalah hal penting bagi para petani untuk jujur menyampaikan berapa luas tanah garapannya karena berhubungan dengan banyaknya jumlah pupuk yang akan diterimanya.
  2. Pengairan dari irigasi hendaknya dimanfaatkan, bagi yang jauh dari irigasi jangan menunggu air datang tetapi cari air. Saluran dibersihkan supaya air bisa sampai ke lahan masing-masing.
  3. Bukan hanya dari sawah, sebaiknya dari lahan yang ada bisa menghasilkan, misalnya dari lahan pekarangan. Dan ini perlu peranan Kelompok Wanita Tani.

Kendala yang ada dari Kelompok Tani adalah masing-masing dari Kelompok Tani belum bisa menginventaris masalah karena untuk mengumpulkan para anggota Kelompok Tani sulit. Padahal sebagian besar penduduk desa Sidamukti adalah petani , seharusnya pertaniannya maju. Hendaknya Kelompok-kelompok Tani di Desa Sidamukti tertib administrasi agar pendistribusian pupuk merata dan kemudahan pemberian bantuan dari pemerintah. Dan demi kemajuan pertanian desa Sidamukti, Kelompok Tani dan para anggotanya harus lebih sering bertemu. Yang paling utama, penting bagi anggota Kelompok Tani untuk memiliki Kartu Tani.