Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti sebagai salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Patimuan Kabuparen Cilacap Provinsi Jawa Tengah Indonesia, tidak luput dari masalah keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa Sidamukti, Pemerintah Desa bersama aparat keamanan, dan masyarakat setempat membentuk Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas).

Pokdar Kamtibmas merupakan program pemerintah yang diinisiasi oleh Kepolisian Republik Indonesia khususnya di wilayah kerja Kepolsian Resor Cilacap untuk membentuk kelompok masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Pada tahun 2023, Pemerintah Desa Sidamukti bersama Kepolisian setempat mengajak warga untuk membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas) di wilayah terkecil RT/RW yang bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Sidamukti.

Pokdar Kamtibmas Desa Sidamukti dibentuk dengan beranggotakan 3 (tiga) orang personil antara lain ; Ajim, Sukriono dan Purwanto sekaligus koordinator tingkar desa yang dalam kegiatannya melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, hingga warga biasa. Hal ini dilakukan agar program Pokdar Kamtibmas dapat terimplementasi dengan baik dan merata di seluruh lingkungan Desa Sidamukti.

Dalam pembentukan Pokdar Kamtibmas, masyarakat dibagi menjadi beberapa wilayah kerja (wilker) yang dipimpin oleh Ketua Pokdar. Setiap wilker memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Dalam menjalankan tugasnya, Pokdar Kamtibmas Desa Sidamukti bekerja sama dengan aparat keamanan seperti Kepolisian, TNI, dan Satpol PP. dan Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban, Pokdar Kamtibmas juga berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat dengan aparat keamanan. Jika terjadi situasi yang membutuhkan penanganan khusus, Pokdar kambtibmas dapat memberikan informasi dan laporan kepada aparat keamanan terdekat untuk segera ditindaklanjuti.

Dalam pembentukan Pokdar ini Pemerintah Desa Sidamukti dan aparat keamanan memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada seluruh anggota Pokdar mengenai cara menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mengenali tanda-tanda kejahatan, serta tata cara melaporkan kejadian kejahatan atau gangguan kamtibmas.

Melalui pembentukan Pokdar, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh warga Desa Sidamukti. Selain itu, Pokdar uga dapat memperkuat keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya, sehingga tercipta sinergitas antara masyarakat dan aparat keamanan. Dengan sinergitas yang terjalin, diharapkan mampu menekan angka kejahatan dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Sidamukti.