Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, memperlihatkan komitmennya dalam mewujudkan transformasi digital melalui penyelenggaraan sosialisasi tentang Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD). Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 08 Maret 2024, di balai desa Sidamukti yang dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat di tingkat desa.

Sebagai narasumber utama, Pendamping Digital Desa Kemendes Kabupaten Cilacap memberikan pencerahan mengenai konsep, manfaat, dan strategi implementasi RKDD. Dalam paparannya, narasumber tersebut menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di tingkat desa.

Peserta sosialisasi yang hadir sangat beragam, mencakup berbagai unsur penting dalam struktur masyarakat desa. Mulai dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan anggotanya, Ketua Tim Penggerak PKK, Kader Posyandu, Ketua RT/RW, hingga perwakilan dari kelompok-kelompok masyarakat seperti Linmas, Karang Taruna, tokoh masyarakat, Kelompok Wanita Tani (KWT), serta perwakilan dari kelompok tani dan nelayan.

Sosialisasi ini memberikan kesempatan bagi setiap peserta untuk memahami secara lebih mendalam peran dan fungsi RKDD dalam memfasilitasi akses informasi, pendidikan, pelayanan publik, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Dalam diskusi yang digelar, para peserta juga berkesempatan untuk bertukar pikiran, menyampaikan aspirasi, serta merumuskan langkah-langkah konkrit dalam implementasi RKDD di Desa Sidamukti.

Kepala Desa Sidamukti, Bapak Sutrisno, menyatakan bahwa kehadiran RKDD merupakan langkah progresif dalam upaya desa untuk terus beradaptasi dengan era digital yang semakin berkembang. Ia berharap bahwa dengan adanya RKDD, masyarakat desa akan semakin mampu memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat pembangunan di berbagai bidang.

Acara sosialisasi RKDD Desa Cerdas ini tidak hanya menjadi momentum untuk memperkenalkan konsep RKDD, tetapi juga sebagai langkah awal untuk membangun kesadaran dan komitmen bersama dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Dengan partisipasi aktif dan kolaborasi dari berbagai pihak, Desa Sidamukti optimis dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mewujudkan transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.