Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Hari Lansia Sedunia 2023: Meningkatkan Kesejahteraan Lansia di Desa Sidamukti, Patimuan, Cilacap

Pada tanggal 29 Mei 2023, dunia memperingati Hari Lansia Sedunia. Acara tahunan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat global untuk merayakan dan menghargai kontribusi lansia dalam masyarakat, serta meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi oleh populasi lansia. Di Desa Sidamukti, Patimuan, Cilacap, peringatan Hari Lansia Sedunia menjadi momen yang istimewa untuk memfokuskan perhatian pada kesejahteraan lansia lokal.

Desa Sidamukti merupakan sebuah desa yang kaya akan budaya dan sejarah, dengan populasi lansia yang signifikan. Pemerintah desa, bersama dengan organisasi masyarakat setempat, lembaga sosial, dan lembaga kesehatan, bekerja sama untuk mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia di daerah ini.

Salah satu kegiatan yang diadakan adalah pemeriksaan kesehatan gratis. Lansia di Desa Sidamukti diberikan kesempatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan fisik, tes laboratorium, dan pengukuran tekanan darah. Hal ini memungkinkan para lansia untuk memantau kondisi kesehatan mereka dengan lebih baik dan mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Selain itu, para lansia juga diberikan akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan pendampingan dalam mengelola penyakit kronis. Program pendampingan ini membantu lansia untuk memahami dan mengikuti perawatan medis yang diperlukan, serta memberikan dukungan psikologis dan sosial. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa lansia di Desa Sidamukti dapat hidup dengan sehat dan bugar, serta merasa didukung dan dihargai oleh masyarakat sekitar. Dalam rangka itu Pelaksanaan APBDes Tahun 2023 Desa Sidamukti ada kegiatan Pemberian Makanan Tambahan pada warga Lanjut Usia yang terhimpun dalam Posyandu Lansia yang ada di Desa Sidamukti selain mereka mengikuti kegiatan rutin di Posyandu untuk memantau kesehatan secara dini.Peringatan Hari Lansia sedunia

Selain perawatan kesehatan, inisiatif lain yang dilakukan adalah pengembangan program pelatihan dan kegiatan sosial. Dalam rangka meningkatkan keterlibatan sosial dan pemberdayaan lansia, mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan keterampilan baru, seperti seni dan kerajinan tangan, pertanian, dan kegiatan kebudayaan lainnya. Program ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk belajar hal-hal baru, tetapi juga memungkinkan lansia untuk tetap aktif dan terlibat dalam kehidupan komunitas mereka.

Selain itu, acara Hari Lansia Sedunia di Desa Sidamukti juga menjadi ajang untuk merayakan warisan budaya lansia. Mereka diundang untuk berbagi kisah, pengalaman, dan tradisi mereka kepada generasi muda. Hal ini tidak hanya memperkuat ikatan antargenerasi, tetapi juga memastikan bahwa pengetahuan dan nilai-nilai yang dimilikioleh lansia tidak terlupakan.

Peringatan Hari Lansia Sedunia 2023 di Desa Sidamukti, Patimuan, Cilacap, menjadi momen penting untuk memberikan perhatian yang layak kepada lansia. Melalui berbagai program dan kegiatan yang diselenggarakan, diharapkan kualitas hidup lansia dapat ditingkatkan dan mereka dapat merasa dihargai dan diakui sebagai bagian penting dari masyarakat. Semoga peringatan ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan lansia dan membangun masyarakat yang inklusif untuk semua generasi.