Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti, sebuah desa yang terletak di pedesaan yang indah dan tenang, telah meluncurkan program inovatif untuk memberikan makanan tambahan kepada lansia dalam upaya meningkatkan kualitas hidup mereka. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan nutrisi yang memadai bagi lansia desa tersebut, yang seringkali rentan terhadap kekurangan gizi dan masalah kesehatan terkait.

Dalam menghadapi tantangan penuaan penduduk, Pemerintah Desa Sidamukti menyadari pentingnya memastikan bahwa lansia di komunitas mereka menerima asupan makanan yang seimbang dan bergizi. Mereka menyadari bahwa panganan yang baik dan gizi yang memadai dapat mempengaruhi kualitas hidup, daya tahan tubuh, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Oleh karena itu, program pemberian makanan tambahan ini merupakan langkah positif dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan lansia di desa tersebut.

Salah satu aspek penting dari program ini adalah kemitraan antara Pemerintah Desa Sidamukti dan lembaga kesehatan setempat. Mereka bekerja sama dengan ahli gizi, dokter, dan tenaga medis lainnya untuk merancang rencana pemberian makanan tambahan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan lansia di desa tersebut. Penelitian mendalam tentang kebutuhan gizi lansia telah dilakukan untuk memastikan bahwa makanan tambahan yang diberikan adalah yang terbaik untuk mereka.PMT Lansia Sidamukti

Program ini juga melibatkan partisipasi aktif dari lansia dan keluarga mereka. Pemerintah Desa Sidamukti hari ini Kamis, 08 Juni 2023 mengadakan sesi penyuluhan tentang pentingnya gizi seimbang dan memberikan pemahaman yang jelas tentang manfaat dari program ini. Lansia dan keluarga mereka didorong untuk terlibat dalam memilih jenis makanan tambahan yang disesuaikan dengan preferensi mereka dan memastikan agar kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi dengan baik. Pelaksanaan PMT Lansia di selenggarakan di Posyandu Lansia Dusun Panyeretan Desa Sidamukti.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala UPTD Puskesmas Patimuan dr. Eva, Kapolsek Patimuan Iptu Sugeng dan Perwakilan Koramil Kedungreja Patimuan Babinsa didampingi Kepala Desa Sidamukti Sutrisno menyampaikan bahwa pemberian makanan tambahan ini dilakukan dengan cara yang terorganisir dan terjadwal. Setiap bulan, kelompok lansia di Desa Sidamukti berkumpul di pusat kegiatan komunitas untuk menerima paket makanan tambahan yang telah dipersiapkan dengan baik. Paket ini berisi makanan sehat yang mengandung nutrisi yang diperlukan, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral.

Selain memberikan makanan tambahan, program ini juga mencakup pemantauan kesehatan lansia secara rutin. Tim medis yang terlatih memeriksa kesehatan lansia dan memberikan saran dan tindakan yang diperlukan jika ada masalah kesehatan yang diidentifikasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lansia di Desa Sidamukti mendapatkan perhatian medis yang tepat dan komprehensif.

Program pemberian makanan tambahan untuk lansia di Desa Sidamukti telah memberikan dampak positif yang signifikan. Lansia merasa lebih bugar, lebih bertenaga, dan lebih sehat secara keseluruhan. Mereka melaporkan peningkatan nafsu makan, peningkatan berat badan yang sehat, dan peningkatan kualitas hidup mereka.

Keberhasilan program ini menjadi contoh yang inspiratif bagi desa-desa lain di seluruh negeri. Ini menunjukkan betapa pentingnya memberikan perhatian khusus pada kelompok rentan seperti lansia, dan bahwa tindakan sederhana seperti memberikan makanan tambahan dapat memiliki dampak yang besar dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan program ini, Pemerintah Desa Sidamukti berencana untuk melakukan kolaborasi dengan pihak terkait lainnya, termasuk organisasi non-pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, untuk memperluas cakupan program dan memastikan bahwa setiap lansia di desa tersebut menerima perhatian yang pantas. Semoga bermanfaat,