Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Desa Sidamukti, sebuah desa kecil yang terletak di pedalaman Indonesia, telah mengadakan sebuah program penyuluhan perlindungan anak pada tahun 2023. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan dan pelecehan.

Perlindungan anak menjadi salah satu isu yang semakin menjadi perhatian masyarakat di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, kasus kekerasan dan pelecehan terhadap anak semakin meningkat, baik di kota maupun di pedesaan. Oleh karena itu, program penyuluhan ini sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat dapat memahami pentingnya melindungi anak-anak dan menghindari tindakan kekerasan serta pelecehan terhadap mereka.

Program penyuluhan perlindungan anak ini dilakukan di balai desa Sidamukti pada tanggal 10 April 2023. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orang, Lembaga Desa; Ketua RT/RW, Ketua Tim Penggerak PKK dan Anggota termasuk orang tua, guru, dan masyarakat umum. Acara dibuka oleh kepala desa Sidamukti, yang memberikan sambutan dan menjelaskan tujuan dari program ini. dihadiri oleh Narasumber dari Korwil Dinas KBPPA Kecamatan Patimuan SUKARDI, S.IP

Penyuluhan Perlindungan Anak Desa Sidamukti

Dalam sambutannya Sekretaris Desa Sidamukti KUSWARA mewakili Kepala Desa menyampaikan terkait kegiatan hari ini yaitu bahwa;

Program penyuluhan dilakukan oleh beberapa narasumber yang ahli di bidang perlindungan anak. Narasumber pertama adalah seorang psikolog yang memberikan materi tentang dampak kekerasan dan pelecehan terhadap anak serta cara mengidentifikasi tanda-tanda kekerasan dan pelecehan pada anak. Narasumber kedua adalah seorang ahli hukum yang menjelaskan tentang hukum dan sanksi yang diberlakukan terhadap pelaku kekerasan dan pelecehan terhadap anak. Narasumber ketiga adalah seorang relawan dari organisasi perlindungan anak yang memberikan informasi tentang cara melaporkan kasus kekerasan dan pelecehan kepada pihak yang berwenang.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan anak. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemutaran film pendek tentang dampak kekerasan dan pelecehan terhadap anak. Setelah pemutaran film, dilakukan diskusi dan tanya jawab yang sangat interaktif dan membangun.

Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa Sidamukti dalam memahami pentingnya perlindungan anak dan mencegah tindakan kekerasan serta pelecehan terhadap anak. Diharapkan juga, acara ini akan menjadi awal yang baik untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan anak dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi anak-anak di desa Sidamukti.