Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Patimuan, 4 Juni 2024 ā€“ Kecamatan Patimuan mengadakan sosialisasi Persiapan Penginputan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 pada hari Selasa, 4 Juni 2024. Acara ini bertempat di aula kecamatan dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Sekcam, Kasi PM, Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur dan teknis penginputan IDM 2024 kepada seluruh peserta. IDM merupakan alat ukur yang sangat penting dalam menentukan status perkembangan desa, mulai dari kategori desa tertinggal hingga desa maju.

Pada kesempatan ini, narasumber yang hadir adalah Kasi PM Kecamatan Patimuan, Bapak IBUN, S.IP, dan Koordinator Pendamping Desa, Ibu Cokro Turyati, S.Pd. Dalam pemaparannya, Bapak IBUN, S.IP menjelaskan pentingnya ketepatan data dalam penginputan IDM serta dampaknya terhadap pembangunan desa. “Penginputan data IDM yang akurat sangat vital untuk menentukan langkah-langkah strategis dalam pembangunan desa. Data yang benar akan mempermudah pemerintah dalam menyalurkan program yang tepat sasaran,” ujar beliau.

Ibu Cokro Turyati, S.Pd, sebagai Koordinator Pendamping Desa, juga memberikan materi tentang teknis penginputan dan penggunaan sistem IDM yang terbaru. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara perangkat desa dan pendamping dalam memastikan kelancaran proses penginputan data. “Sinergi antara perangkat desa dan pendamping sangat penting dalam pengumpulan dan verifikasi data IDM. Dengan kerja sama yang baik, kita bisa mencapai hasil yang optimal,” kata Ibu Cokro Turyati.

Sekcam Kecamatan Patimuan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap agar sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman serta kesiapan seluruh desa dalam menghadapi penginputan IDM 2024. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini, seluruh desa di Kecamatan Patimuan dapat menginput data dengan tepat waktu dan akurat, sehingga pembangunan desa bisa berjalan dengan lebih baik,” ujar beliau.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, di mana para peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman terkait penginputan data IDM. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen bersama, Kecamatan Patimuan optimis dapat mencapai target pembangunan desa yang lebih maju di tahun 2024.