Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada tanggal 20 Mei 2024, Halaman SMP Negeri 1 Patimuan menjadi saksi peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116. Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Forkompimcam Patimuan, perwakilan Kepala Sekolah Dasar Negeri, SMP/MTs, SMA, serta Kepala Desa dan perangkat se-Kecamatan Patimuan. Upacara tersebut berjalan dengan khidmat dan penuh semangat kebangsaan, mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kehadiran Para Pejabat dan Perwakilan

1. Forkompimcam Patimuan:
Para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Patimuan hadir dan memberikan dukungan penuh pada upacara ini. diantaranya; Kapolsek Patimuan, Danramil 19 Kedungreja Patimuan, Korwil Bidik Patimuan dan Kepala UPT Puskesmas Patimuan. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

2. Perwakilan Kepala Sekolah:
Kepala Sekolah dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP/MTs, hingga SMA, hadir sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan dan kesadaran nasionalisme di kalangan pelajar.

3. Kepala Desa dan Perangkat Desa:
Para Kepala Desa dan perangkat desa se-Kecamatan Patimuan yang diwakili oleh Sekretaris Desa masing-maing yang turut hadir dalam upacara ini, memperkuat semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

Rangkaian Acara Upacara

1. Pengibaran Bendera Merah Putih:
Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Paduan Suara Korwil Bidik Patimuan. Prosesi ini dilakukan dengan penuh khidmat, mengingatkan akan perjuangan para pahlawan bangsa.

2. Pembacaan Pancasila dan UUD 1945:
Pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 menjadi bagian penting dalam upacara ini, mengingatkan seluruh peserta akan dasar-dasar negara dan konstitusi yang menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Amanat Pembina Upacara:
Pembina upacara, yang merupakan salah satu pejabat Forkompimcam Patimuan, yakni Sekretaris Camata Patimuan ROHWANTO, SH,. M.M. menyampaikan amanat yang berisi pesan-pesan kebangsaan, pentingnya menjaga persatuan, dan semangat kebangkitan nasional dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan Secara Detail beliau membacakan Amanah Menteri  Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Budi Arie Setiadi.

4. Pembacaan Doa:
Pada kesempatan ini, Pembacaan do’a disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Patimuan Darto, S,Sy dengan penuh khidmat dan harap..

Makna Hari Kebangkitan Nasional

1. Refleksi Sejarah:
Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei mengingatkan kita pada berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908. Ini menandai awal dari pergerakan nasional yang menginspirasi kebangkitan semangat persatuan dan kesadaran nasional.

2. Semangat Persatuan:
Peringatan ini menjadi momentum untuk memperkuat semangat persatuan di tengah masyarakat, mengingatkan bahwa dengan bersatu, bangsa Indonesia mampu menghadapi segala tantangan.

3. Peningkatan Kesadaran Nasional:
Melalui upacara ini, diharapkan kesadaran nasionalisme dan cinta tanah air semakin tertanam di hati setiap warga, terutama generasi muda sebagai penerus bangsa.

Antusiasme dan Partisipasi Warga

Antusiasme dan partisipasi warga dalam upacara ini sangat tinggi. Mulai dari pelajar, guru, hingga aparat desa, semua berbaur dalam semangat kebangsaan. Hal ini mencerminkan tingginya rasa cinta tanah air dan komitmen bersama untuk terus menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan.

Giat Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Halaman SMP Negeri 1 Patimuan pada tanggal 20 Mei 2024 menjadi momen penting yang menguatkan semangat persatuan dan kesadaran nasional di Kecamatan Patimuan. Dengan kehadiran berbagai elemen masyarakat, upacara ini tidak hanya menjadi ajang peringatan sejarah, tetapi juga wadah untuk memperkuat solidaritas dan komitmen bersama dalam membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera.