Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052


Hari ini Rabu 23 Mei 2024, warga RW 11 Dusun Panyeretan di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini pembayaran pajak dilakukan dengan sistem “Jemput Bola Bayar Pajak” atau disingkat Jempol Bapa, yang diselenggarakan di rumah Sdr. Agus Awang.

Sistem Jempol Bapa
Jempol Bapa adalah inovasi baru dalam pelayanan publik yang bertujuan untuk memudahkan warga dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak. Sistem ini mengadopsi pendekatan proaktif dengan mendatangi langsung warga untuk mengumpulkan pembayaran PBB-P2. Dengan demikian, warga tidak perlu lagi datang ke kantor desa atau kecamatan, yang seringkali memakan waktu dan biaya.

Pelaksanaan di Rumah Sdr. Agus Awang
Hari ini, rumah Sdr. Agus Awang menjadi pusat kegiatan pembayaran PBB-P2 bagi warga RW 11 Dusun Panyeretan. Tim dari pemerintah desa bersama beberapa relawan telah menyiapkan pos pembayaran yang lengkap dengan peralatan dan sistem administrasi yang efisien. Berikut adalah kronologi kegiatan yang berlangsung:

1. Pagi Hari (08.00 – 08.30 WIB)
– Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Sidamukti yang mengapresiasi antusiasme warga dalam mendukung program Jempol Bapa.
– Sosialisasi singkat tentang pentingnya membayar pajak tepat waktu dan manfaatnya bagi pembangunan desa.

2. Pembukaan Pos Pembayaran (08.30 – 12.00 WIB)
– Warga mulai berdatangan ke rumah Sdr. Agus Awang untuk melakukan pembayaran.
– Tim Jempol Bapa melayani warga dengan cepat dan ramah, memastikan setiap transaksi tercatat dengan baik.

3. Sesi Siang (12.00 – 14.00 WIB)
– Tim menyediakan makanan ringan dan minuman untuk warga yang antri, menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat.
– Warga yang sudah membayar pajak diberikan bukti pembayaran resmi dan diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

4. Sesi Penutupan (14.00 – 15.00 WIB)
– Penutupan pos pembayaran dilakukan dengan evaluasi singkat oleh tim Jempol Bapa.
– Pengumuman hasil sementara menunjukkan bahwa sebagian besar warga RW 11 telah membayar pajak mereka, dengan tingkat partisipasi yang sangat memuaskan.

Antusiasme dan Partisipasi Warga
Kehadiran warga yang tinggi menunjukkan bahwa sistem Jempol Bapa berhasil meningkatkan kesadaran dan kemudahan dalam pembayaran PBB-P2. Berikut adalah beberapa faktor yang berkontribusi pada antusiasme warga:

A. Kemudahan Akses
Dengan pembayaran dilakukan di lingkungan yang dekat dan familiar, warga merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk segera membayar pajak mereka.

B. Sosialisasi yang Efektif
Sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah desa mengenai program Jempol Bapa telah mencapai sasaran, sehingga warga memahami pentingnya dan manfaat dari program ini.

C. Dukungan Komunitas
Adanya dukungan dan partisipasi aktif dari tokoh masyarakat  seperti Kepala Dusun Panyeretan sendiri Ketua-ketua RT dan Ketua RW 11 serta Sdr. Agus Awang yang menyediakan rumahnya sebagai lokasi pembayaran turut memperkuat rasa kebersamaan dan tanggung jawab warga.

Program Jempol Bapa di RW 11 Dusun Panyeretan Desa Sidamukti berhasil dilaksanakan dengan antusiasme yang tinggi dari warga. Inisiatif ini tidak hanya memudahkan proses pembayaran PBB-P2, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat. Diharapkan, model ini dapat diadopsi oleh desa-desa lain untuk meningkatkan partisipasi dan kepatuhan warga dalam membayar pajak.