Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Bantuan mesin pompa air dari salah satu calon kepala daerah di Cilacap menjadi angin segar bagi para petani dan peternak di Desa Jatisari, Kecamatan Kedungreja. Salah satu penerima manfaat bantuan ini adalah Kang Amin Mustolih, seorang petani, peternak, sekaligus aktivis Karang Taruna Desa Jatisari. Bantuan ini tidak hanya meringankan beban mereka, tetapi juga memberikan harapan baru bagi kesejahteraan masyarakat desa yang selama ini sering mengalami kesulitan dalam mengakses air untuk pertanian dan peternakan.

Di Desa Jatisari, air merupakan komponen vital bagi kegiatan pertanian dan peternakan. Musim kemarau yang panjang sering kali membuat para petani dan peternak kesulitan mendapatkan air yang cukup untuk kebutuhan mereka. Sebelumnya, mereka harus bergantung pada hujan atau menggunakan metode tradisional yang kurang efisien untuk mendapatkan air.

Kang Amin Mustolih, yang telah lama berkecimpung dalam dunia pertanian dan peternakan, merasakan betul dampak dari keterbatasan akses air ini. “Kami sering kali harus mengajukan proposal bantuan ke berbagai pihak untuk mendapatkan mesin pompa air. Namun, prosesnya panjang dan sering kali tidak mendapatkan respon yang diharapkan. Dengan adanya bantuan ini, kami merasa sangat terbantu,” ungkapnya.

Bantuan mesin pompa air ini memiliki dampak yang signifikan bagi para petani dan peternak di Desa Jatisari. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan oleh Kang Amin dan rekan-rekannya:

1. Ketersediaan Air yang Stabil: Mesin pompa air membantu memastikan ketersediaan air yang stabil, sehingga tanaman dan hewan ternak mendapatkan suplai air yang cukup, terutama saat musim kemarau.
2. Peningkatan Produktivitas: Dengan akses air yang lebih baik, para petani dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Tanaman dapat tumbuh dengan baik dan hasil panen menjadi lebih melimpah.
3. Efisiensi Waktu dan Tenaga: Mesin pompa air mempermudah proses penyiraman tanaman dan pengelolaan ternak, sehingga menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk mencari dan mengangkut air secara manual.
4. Peningkatan Kesejahteraan: Dengan hasil pertanian dan peternakan yang lebih baik, pendapatan para petani dan peternak meningkat, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Sebagai seorang aktivis Karang Taruna Desa Jatisari, Kang Amin Mustolih tidak hanya berperan sebagai penerima manfaat tetapi juga sebagai penggerak komunitas. Ia aktif mengajak anggota Karang Taruna dan warga desa untuk bersama-sama memanfaatkan bantuan ini dengan optimal. “Kami berusaha memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dan memastikan bahwa seluruh warga desa yang membutuhkan dapat merasakan manfaatnya. Karang Taruna juga berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang cara penggunaan dan perawatan mesin pompa air ini,” jelas Kang Amin.

Bantuan mesin pompa air ini disambut dengan antusias dan apresiasi oleh masyarakat Desa Jatisari. Mereka berharap program bantuan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak warga yang membutuhkan. Kang Amin Mustolih menyampaikan rasa terima kasihnya kepada calon kepala daerah yang telah memberikan bantuan ini. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Ini menunjukkan bahwa ada perhatian dan kepedulian dari pihak calon kepala daerah terhadap kesejahteraan masyarakat kecil seperti kami. Semoga bantuan ini dapat menjadi contoh bagi program-program lain di masa mendatang,” ujarnya.

Bantuan mesin pompa air dari calon kepala daerah di Cilacap telah membawa dampak positif yang nyata bagi para petani dan peternak di Desa Jatisari. Dukungan ini tidak hanya memberikan solusi praktis untuk masalah kekurangan air, tetapi juga memperkuat semangat kebersamaan dan gotong royong di antara warga desa. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Desa Jatisari dapat terus meningkat, dan Kang Amin Mustolih beserta rekan-rekannya dapat terus berkontribusi dalam memajukan desanya.