Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada tahun 2023, kecamatan Patimuan akan melaksanakan pelatihan penguatan kelembagaan Posyantek desa dan Posyantek antar desa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Posyantek kepada masyarakat desa dan antar desa di kecamatan Patimuan.

Posyantek atau Pos Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah layanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan teknologi. Layanan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan di daerah pedesaan.

Namun, di beberapa daerah masih terdapat kendala dalam pelayanan Posyantek, seperti minimnya sumber daya manusia yang terampil dan terlatih dalam bidang teknologi informasi, serta kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengakses layanan Posyantek. Oleh karena itu, pelatihan penguatan kelembagaan Posyantek menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemanfaatan layanan Posyantek oleh masyarakat.

Pelatihan ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi penyusunan rencana pelatihan, pemilihan instruktur yang kompeten, serta pengadaan sarana dan prasarana pelatihan. Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pelatihan teknis dan non-teknis, seperti pengelolaan sistem informasi, pelayanan publik, dan manajemen keuangan. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas pelatihan dan mengevaluasi keberhasilan program penguatan kelembagaan Posyantek.

Dalam pelatihan ini, peserta akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Posyantek desa dan Posyantek antar desa. Pelatihan untuk Posyantek desa akan fokus pada pengelolaan sistem informasi dan pelayanan publik, sedangkan pelatihan untuk Posyantek antar desa akan lebih fokus pada manajemen keuangan dan koordinasi antar desa.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, Posyantek di kecamatan Patimuan akan semakin mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan masyarakat desa dan antar desa akan semakin terbuka dalam memanfaatkan layanan Posyantek. Selain itu, dengan adanya Posyantek yang mampu memberikan pelayanan yang baik, diharapkan pula dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan di daerah pedesaan, serta mempercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional.