Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, Kamis, 06 Juni 2024 – Pendopo Desa Sidamukti hari ini menjadi saksi semaraknya kegiatan pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pembuatan tas talikur. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi para perempuan ini dihadiri oleh berbagai kelompok perempuan aktif di desa, termasuk Ibu-ibu Muslimat, kader Fatayat, kader Posyandu, dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT).

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Sidamukti, Bapak Sutrisno, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan keterampilan bagi perempuan desa. “Kami berharap pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membuka peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujar Bapak Sutrisno.

Turut hadir mendampingi, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sidamukti yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Kehadiran mereka menunjukkan sinergi yang baik antara pemerintah desa, aparat keamanan, dan masyarakat dalam upaya pemberdayaan perempuan.

Pelatihan ini dipandu oleh Ibu Siti Suhadmi, S.Pd seorang pengrajin tas talikur dari Cilacap yang telah berpengalaman dalam bidang ini. Ibu Siti dengan sabar dan penuh semangat membagikan ilmu dan teknik pembuatan tas talikur kepada para peserta. “Keterampilan ini bisa menjadi alternatif usaha rumahan yang potensial. Dengan bahan yang mudah didapat dan modal yang tidak besar, ibu-ibu bisa menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi,” jelas Ibu Siti.

Antusiasme peserta terlihat jelas sejak awal hingga akhir acara. Seluruh peserta mengikuti setiap tahap pelatihan dengan penuh semangat dan keingintahuan. Tidak sedikit yang langsung mempraktikkan pembuatan tas talikur dengan kreativitas masing-masing, menciptakan berbagai model dan desain yang menarik.

Salah satu peserta, Ibu Dewi, yang merupakan anggota KWT, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelatihan ini. “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Selain menambah keterampilan, kami juga jadi lebih termotivasi untuk memulai usaha sendiri,” kata Ibu Dewi.

Acara ini berlangsung meriah dan penuh kebersamaan. Selain memperoleh keterampilan baru, para peserta juga merasa semakin terjalin ikatan kekeluargaan di antara mereka. Pelatihan ini diharapkan menjadi awal dari kegiatan-kegiatan produktif lainnya yang dapat mendukung pemberdayaan perempuan di Desa Sidamukti.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Desa Sidamukti menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan perempuan dan peningkatan ekonomi keluarga melalui keterampilan yang bermanfaat dan aplikatif. Semoga ke depan, lebih banyak lagi program serupa yang dapat membantu masyarakat menjadi lebih mandiri dan sejahtera.