Hari Kamis, 5 Desember 2019, Pemerintah Desa Sidamukti menyelenggarakan “Penyuluhan Bidang Kesehatan”. Acara yang diadakan di Balai Desa Sidamukti ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Ketua RT dan Ketua RW sedesa Sidamukti dan Tim Penggerak PKK Desa Sidamukti. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Desa Sidamukti Bapak Kuswara yang mewakili Kepala Desa Sidamukti yang tidak bisa hadir karena sedang dinas luar.

Narasumber pertama adalah ibu Reni Dwi Astuti, Bidan Desa Cinyawang dan pengelola Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Patimuan. Beliau menyampaikan materi tentang stunting. Stunting merupakan kondisi dimana balita memiliki panjang badan atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Beliau bicara tentang faktor penyebab stunting, situasi nasional, kondisi kesehatan ibu yang mempengaruhi pertumbuhan janin dan resiko terjadinya stunting, dampak stunting, dan upaya pencegahan stunting.

Narasumber kedua yaitu Ibu Tati selaku Kepala Puskesmas Patimuan yang menyampaikan materi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) Kesehatan Lingkungan. TTG merupakan teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi yang berlaku. Beliau memperlihatkan dan menyampaikan cara membuat TTG Desinfeksi Air Bersih, TTG Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga, Komposter Sampah Organik, dan Tempat Sampah Organik Cair dan Padat.