Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada Jum’at tanggal 31 Maret 2023, telah dilaksanakan Pemutakhiran Tingkat Desa Sidamukti Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap dalam rangka Pemilihan Umum 2024 yang akan datang. Setelah proses pemutakhiran selesai dilaksanakan, maka dilakukanlah rapat pleno terbuka untuk merekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran.

Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh seluruh anggota PPS (Panitia Pemilihan Suara) Desa Sidamukti, para saksi dari masing-masing peserta pemilu, petugas pantarlih dan juga dihadiri oleh masyarakat Desa Sidamukti yang turut menyaksikan jalannya proses pemilihan umum.

rapat pleno PPS

Rapat pleno terbuka ini dipimpin oleh Ketua PPS Desa Sidamukti, Bapak Banu Musyafa, S,Pd dan dibantu oleh Sekretaris PPS, Bapak Kuswara. Proses rekapitulasi dilakukan secara transparan dan terbuka, sehingga semua pihak dapat memantau dan memastikan bahwa proses tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam proses rekapitulasi ini, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu:

  1. Verifikasi daftar pemilih Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa daftar pemilih yang telah dimutakhirkan tidak ada duplikasi atau kecacatan lainnya. Verifikasi ini dilakukan dengan cara mencocokkan data pada daftar pemilih dengan data kependudukan yang ada di Desa Sidamukti.
  2. Validasi data pemilih Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa data pemilih yang terdaftar sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Validasi dilakukan dengan cara memeriksa identitas pemilih, usia, dan tempat tinggal.
  3. Penambahan daftar pemilih Jika ditemukan pemilih yang belum terdaftar pada daftar pemilih, maka pada tahapan ini dilakukan penambahan pada daftar pemilih dengan prosedur yang berlaku.

Setelah proses rekapitulasi selesai dilakukan, maka hasilnya akan dicatat pada berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat pleno terbuka. Hasil rekapitulasi ini akan menjadi dasar bagi penyelenggara pemilihan untuk menyusun surat suara dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pemilihan umum 2024.

Dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka ini, panitia PPS juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Desa Sidamukti untuk memberikan masukan dan saran terkait pelaksanaan pemilihan umum yang akan datang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi dan memastikan bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara transparan, adil, dan demokratis.

Dengan adanya rapat pleno terbuka yang transparan dan terbuka ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan umum yang akan datang. Semoga pemilihan umum 2024 dapat berjalan dengan baik dan sukses.