Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Kecompakan dan sinergi dalam tubuh perangkat desa Kecamatan Patimuan, Cilacap, terbukti menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Tahun Anggaran 2024. Dengan semangat bersama, mereka berhasil menciptakan sebuah platform pembelajaran yang berfokus pada peningkatan kapasitas untuk merencanakan dan mengelola dana desa dengan lebih efektif.

Sejak awal persiapan Bimtek, perangkat desa Kecamatan Patimuan telah menunjukkan kekompakan yang luar biasa dalam merencanakan setiap tahapan acara. Dengan agenda yang terstruktur dan tujuan yang jelas, mereka berhasil memastikan bahwa setiap elemen yang diajarkan dalam Bimtek memiliki relevansi langsung dengan kebutuhan desa masing-masing.

Keberhasilan Bimtek tidak hanya bergantung pada perencanaan yang baik, tetapi juga pada partisipasi aktif dari seluruh perangkat desa. Melalui kekompakan yang terbangun, setiap sesi Bimtek diikuti dengan antusiasme tinggi. Pertanyaan diajukan, ide dibagikan, dan diskusi terbuka mengalir dengan lancar, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.

Selain materi-materi utama yang disampaikan dalam Bimtek, kekompakan perangkat desa di Kecamatan Patimuan juga terlihat dalam sesi sharing best practices antar desa. Desa-desa yang telah berhasil dalam penyusunan APBDES sebelumnya berbagi pengalaman mereka, memberikan inspirasi dan strategi praktis kepada desa-desa lainnya. Semangat kolaboratif ini menciptakan iklim kerja sama yang positif.

Kekompakan perangkat desa Kecamatan Patimuan semakin terlihat melalui pendampingan tim ahli yang dilibatkan dalam Bimtek. Tim ahli tidak hanya berperan sebagai instruktur, tetapi juga sebagai fasilitator yang mendukung dan memahami kebutuhan setiap desa secara individu. Keterlibatan tim ahli memberikan nilai tambah signifikan dalam pemahaman mendalam terkait penyusunan APBDES.

Hasil dari Bimtek ini bukan hanya sebatas penyusunan APBDES yang lebih terstruktur, tetapi juga terlihat melalui peningkatan pemahaman dan keterampilan perangkat desa. Keberhasilan ini menciptakan pondasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. Pentingnya kekompakan dalam pelaksanaan Bimtek ini memberikan dasar untuk kesinambungan pembelajaran dan peningkatan kapasitas di masa depan.

Bimtek Penyusunan APBDES Tahun Anggaran 2024 di Kecamatan Patimuan sukses dilaksanakan berkat kekompakan perangkat desa yang luar biasa. Dengan semangat kerja sama dan keinginan untuk belajar, mereka tidak hanya meningkatkan kualitas penyusunan anggaran desa, tetapi juga memperkuat fondasi untuk pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi prestasi lokal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk mengimplementasikan pendekatan yang sama dalam peningkatan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat desa.