Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada Rabu, 20 September 2023, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap melakukan visitasi dan pendampingan terkait pendirian Kelompok Bermain di Sidamukti, Patimuan yaitu KB Al Hidayah Kedungsalam, KB Al Fattah Langgenkepuh KB Pertiwi Patimuan dan Pembaruan Ijin Pendirian KB Umul Hasanah Sidamukti. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendorong dan memfasilitasi pendirian tempat bermain bagi anak-anak, sehingga mereka dapat memiliki lingkungan yang kondusif untuk belajar dan berinteraksi. Terlebih Desa Sidamukti sangat memprioritaskan bidang pendidikan dalam menjalankan roda pemerintahannya, dan kami sangat mengapresiasi imbuh Bapak Dedi Purwanto yang mewakili DPMPTSP dan DInas P & K Kabupaten Cilacap dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidamukti Sutrisno merespon apa yang disampaikan DPMPTSP, dengan menyampaikan bahwa sejak dari menjabat Kades Sidamukti kami konsern terhadap pendidikan warganya karena merasa diri tidak banyak mengenyam pendidikan karena faktor lingkungan pada saat beliau tinggal di sebuah daerah yang kurang mendukung hal ini. Hadir dalam kegiatan Visitasi siang ini Pengelola dari 4 (empat) lembaga Kelompok Bermain, Dewi Masitoh, S.Pd, AUD dari KB Al Hidayah, Hj. Ooh Rohanah, dari KB Pertiwi Patimuan, dua yang lain yaitu Sukaesih, ibu Nining dari KB Al Fattah dan KB Umul Hasanah Sidamukti didampingi Pengawas Bidik PAUD Ibu Suratinem, S.Pd  dan Koordinator HIMPAUDI Patimuan setra Hadir selaku yang dituakan di Korwil Bidik Patimuan Bapak Dr. Supriyatno, MM.Pd sekaligus Pengarah Kegiatan untuk lembaga yang divisitasi. Beliau juga menyampaikan bahwa Pendidikan adalah Amanah Konstitusi yang harus merata di semua lapisan masyarakat dan semua golongan umur tanpa kecuali. Pendidikan butuh Standarisasi sehingga perlu adanya Visitasi untuk menguji kelayakan serta siap beroperasi. Selamat bervisitasi semoga Allah SWT meridhoi kita semua, Aaamiin… dan ini adalah kalimat untuk mengakhiri sambutannya.

Pendirian Kelompok Bermain (KB) adalah suatu inisiatif yang bertujuan untuk memberikan fasilitas edukasi dan hiburan bagi anak-anak usia dini. KB bukan hanya sekadar tempat bermain, tetapi juga lingkungan yang dirancang khusus untuk memfasilitasi belajar, tumbuh kembang, dan sosialisasi anak-anak sejak dini. Hal ini sesuai dengan prinsip pentingnya pendidikan anak usia dini dalam mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas.Visitasi KB Sidamukti

Dalam melaksanakan pendirian Kelompok Bermain, DPMPTSP memiliki peran penting dalam membimbing dan mendukung pelaku usaha atau lembaga yang ingin mendirikan KB. Pada Rabu, 20 September 2023, DPMPTSP Cilacap melakukan visitasi ke lokasi pendirian Kelompok Bermain di Sidamukti, Patimuan. Tujuan dari visitasi ini adalah untuk memastikan bahwa persyaratan dan standar yang diperlukan untuk mendirikan KB telah terpenuhi dengan baik.

Visitasi pendirian Kelompok Bermain meliputi beberapa langkah penting, antara lain:

1. Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen: Tim dari DPMPTSP memeriksa kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk mendirikan Kelompok Bermain, seperti izin usaha, izin lokasi, dan persyaratan administratif lainnya.

2. Pemeriksaan Fasilitas dan Sarana: Tim melakukan peninjauan langsung terhadap fasilitas dan sarana yang akan digunakan untuk Kelompok Bermain, memastikan bahwa tempat tersebut memenuhi standar keamanan dan kelayakan.

3. Wawancara dengan Pengelola: Tim DPMPTSP berkomunikasi dan wawancara dengan pengelola KB untuk memahami rencana operasional, program pembelajaran, dan komitmen mereka terhadap pendidikan anak usia dini.

4. Konsultasi dan Penyuluhan: Tim memberikan konsultasi dan penyuluhan terkait perizinan, peraturan, dan tata cara operasional Kelompok Bermain kepada pengelola.

Visitasi dan pendampingan dari DPMPTSP Cilacap menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Dengan adanya Kelompok Bermain yang memadai, diharapkan akan tercipta lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan optimal bagi generasi muda.

Visitasi dan pendampingan yang dilakukan oleh DPMPTSP Cilacap terhadap pendirian Kelompok Bermain di Sidamukti, Patimuan pada Rabu, 20 September 2023, adalah langkah positif dalam mendorong pendidikan anak usia dini di wilayah tersebut. Semoga pendirian Kelompok Bermain ini dapat memberikan manfaat besar bagi tumbuh kembang anak-anak, serta menjadi contoh bagi inisiatif serupa di daerah lain.