Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah stunting di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, akan dilaksanakan kegiatan pengukuran intervensi serentak. Kegiatan ini mencakup penimbangan berat badan (BB), pengukuran tinggi badan (TB), pengukuran lingkar lengan atas (LILA), dan pengukuran lingkar kepala bagi balita. Program ini dilakukan khususnya di Posyandu Desa Sidamukti dan merupakan bagian dari jadwal yang telah dirilis oleh Puskesmas Patimuan.

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama, terutama pada masa 1.000 hari pertama kehidupan. Kondisi ini dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Oleh karena itu, pemerintah desa bersama Puskesmas Patimuan menginisiasi kegiatan pengukuran serentak untuk mendeteksi dini masalah gizi dan melakukan intervensi yang diperlukan.

Kegiatan pengukuran di Posyandu Desa Sidamukti akan dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari warga desa, terutama para ibu yang memiliki balita. Mereka diundang untuk hadir dan berpartisipasi dalam pengukuran serentak ini, guna memastikan kesehatan dan perkembangan optimal anak-anak mereka.

Jadwal kegiatan pengukuran intervensi serentak ini telah dirilis oleh Puskesmas Patimuan dan disebarluaskan kepada masyarakat melalui berbagai media informasi desa. Dengan jadwal yang sudah ditentukan, ibu-ibu diharapkan dapat datang sesuai waktu yang telah ditetapkan untuk menghindari kerumunan dan memastikan proses pengukuran berjalan dengan lancar.

Proses pengukuran dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Patimuan dengan dukungan kader Posyandu Desa Sidamukti. Prosedur pengukuran meliputi:

1. Penimbangan Berat Badan (BB): Mengukur berat badan balita untuk mengetahui status gizi.
2. Pengukuran Tinggi Badan (TB): Mengukur tinggi badan balita untuk menilai pertumbuhan linear.
3. Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA): Mengukur lingkar lengan atas untuk mendeteksi adanya malnutrisi akut.
4. Pengukuran Lingkar Kepala: Mengukur lingkar kepala untuk menilai perkembangan otak dan pertumbuhan fisik.

Kepala Desa Sidamukti, Sutrisno, mengajak seluruh ibu yang memiliki balita untuk turut serta dalam kegiatan ini. Partisipasi aktif dari para ibu sangat penting untuk keberhasilan program pencegahan stunting. Dengan mengukur parameter kesehatan balita secara rutin, diharapkan dapat dilakukan deteksi dini terhadap masalah gizi dan pertumbuhan yang mungkin terjadi.

Puskesmas Patimuan berperan aktif dalam kegiatan ini dengan menyediakan tenaga kesehatan yang kompeten dan peralatan pengukuran yang memadai. Kepala Puskesmas Patimuan menyatakan bahwa kegiatan pengukuran serentak ini merupakan langkah awal dari rangkaian program intervensi gizi yang lebih komprehensif.

Giat pengukuran intervensi serentak di Posyandu Desa Sidamukti merupakan bagian dari upaya bersama untuk mencegah stunting dan memastikan kesehatan optimal bagi balita. Diharapkan melalui kegiatan ini, balita di Desa Sidamukti dapat tumbuh sehat dan cerdas, serta terbebas dari masalah stunting. Partisipasi aktif masyarakat, terutama para ibu, sangat penting untuk mensukseskan program ini. Mari bersama-sama kita dukung dan sukseskan kegiatan pengukuran ini demi masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita.