Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Dalam kehidupan yang serba cepat dan sibuk, momen-momen kebersamaan menjadi sangat berharga. Hal ini disadari betul oleh para eks siswa Kelas Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Desa Digital Kemendesa PDTT. Sebagai kader desa yang telah mengikuti pelatihan, mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga menemukan saudara-saudara sebangsa setanah air yang kini menjadi bagian penting dari kehidupan mereka. Rasa syukur ini diwujudkan melalui tradisi saling berkunjung, yang semakin memperkuat silaturahmi dan persaudaraan di antara mereka.

Mengapa Silaturahmi Itu Penting
Silaturahmi, dalam budaya Indonesia, adalah fondasi yang memperkuat ikatan sosial dan kekeluargaan. Dengan saling berkunjung, para eks siswa Kader Desa Digital tidak hanya mempererat hubungan pribadi tetapi juga berbagi pengalaman, ide, dan inspirasi dalam upaya membangun desa-desa digital di seluruh Indonesia. Kegiatan ini menjadi sarana untuk merayakan kebersamaan dan mengingatkan bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi tantangan membangun desa yang lebih maju dan modern.

Kegiatan Saling Berkunjung
Kegiatan saling berkunjung biasanya dilakukan dalam suasana yang santai dan penuh keakraban. Para eks siswa akan mengunjungi satu sama lain di desa masing-masing, menjelajahi potensi lokal, dan berdiskusi tentang berbagai inovasi digital yang dapat diterapkan. Setiap kunjungan menjadi kesempatan untuk belajar dan saling memberikan dukungan moral. Mereka juga sering mengadakan kegiatan bersama, seperti workshop mini, pelatihan singkat, atau sekadar berbincang-bincang mengenai perkembangan terbaru di bidang digitalisasi desa.

Implementasi Rasa Syukur
Melalui kegiatan saling berkunjung, para eks siswa Kader Desa Digital mengekspresikan rasa syukur mereka atas kesempatan yang telah diberikan oleh Kemendesa PDTT. Mereka menyadari bahwa kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini adalah anugerah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Rasa syukur ini diwujudkan dalam tindakan nyata dengan saling mendukung dan membantu sesama kader dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan.

Dampak Positif Silaturahmi
Silaturahmi yang terjalin memberikan banyak dampak positif. Selain memperkuat hubungan personal, kegiatan ini juga meningkatkan semangat dan motivasi para kader untuk terus berinovasi. Mereka mendapatkan insight baru dari pengalaman dan praktik baik yang diterapkan oleh rekan-rekan mereka di desa lain. Selain itu, kegiatan ini juga membuka peluang kolaborasi antar desa, yang dapat mempercepat proses digitalisasi dan pembangunan desa.

Kesimpulan
Kisah para eks siswa Kelas Bimtek Kader Desa Digital Kemendesa PDTT menunjukkan betapa pentingnya silaturahmi dalam membangun komunitas yang kuat dan inovatif. Tradisi saling berkunjung ini bukan hanya tentang mempererat hubungan, tetapi juga tentang berbagi ilmu, pengalaman, dan rasa syukur atas kebersamaan yang telah terbentuk. Dengan terus menjaga dan mengembangkan silaturahmi ini, para kader desa digital tidak hanya berkontribusi pada kemajuan desa mereka masing-masing, tetapi juga pada kemajuan bangsa Indonesia secara keseluruhan.