Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Dana Desa merupakan salah satu instrumen kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa. Penyaluran Dana Desa dilakukan secara bertahap untuk memastikan penggunaan dana yang tepat sasaran dan efektif. Pada tahap awal penyaluran dana tersebut, Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan sangat penting dilakukan untuk memastikan keberhasilan dan transparansi penggunaan dana tersebut.

Salah satu contoh pelaksanaan Monev Dana Desa dilakukan oleh Tim Kecamatan Patimuan di Desa Sidamukti pada hari ini Selasa, 16 Mei 2023 sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tim Kecamatan Patimuan memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap penggunaan Dana Desa di Desa Sidamukti. Monev ini bertujuan untuk memastikan bahwa dana yang telah disalurkan digunakan sesuai dengan ketentuan, serta memastikan tercapainya tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tim Kecamatan di Ketuai oleh Sekcam Patimuan ROHWANTO, SH dalam hal ini diwakili oleh Kasi Tapem Kecamatan Patimuan UUNG SUMIRAT, S.IP mengawali kegiatan memberikan arahan serta petunjuk mengenai pelaksanaan kegiatan penyaluran DD Tahap II dan agar segera menyerap alokasi anggaran Tahap I dengan capaian 100 %

Langkah pertama dalam pelaksanaan Monev adalah pemantauan secara langsung terhadap pelaksanaan proyek-proyek pembangunan yang menggunakan Dana Desa. Tim Kecamatan Patimuan melakukan kunjungan ke Desa Sidamukti untuk melihat secara langsung pelaksanaan proyek, IBUN, S.IP selaku Kasi PM Kecamatan Patimuan memastikan bahwa proyek tersebut sesuai dengan rencana yang telah disusun dan mengevaluasi kemajuan proyek tersebut.Kepala Desa Sidamukti melalui Sekretaris Desanya KUSWARA menyampaikan apresiasi terhadap Kasi/kaur selaku PTPKD yang telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun demikian kiranya masih ada kesalahan dalam penyusunan SPJ yang secara detail dilakukan koreksi administrasi oleh Tim Monev untuk segera dilakukan revisi atau perbaikan agar secara utuh SPJ telah diselesaikan dengan baik.

Selain pemantauan langsung, Tim Kecamatan Patimuan juga melakukan evaluasi administrasi terkait penggunaan Dana Desa di Desa Sidamukti. Evaluasi administrasi meliputi pengecekan dokumen dan laporan penggunaan dana, seperti Rencana Kerja Anggaran (RKA) Desa, laporan pertanggungjawaban, dan dokumen pendukung lainnya. Evaluasi administrasi penting dilakukan untuk memastikan adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana tersebut.

Monev DD Tahap I Desa Sidamukti

Selanjutnya, hasil pemantauan dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim Kecamatan Patimuan di Desa Sidamukti akan dibahas bersama dengan pihak desa. Hasil pembahasan tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas penggunaan Dana Desa di masa yang akan datang. Selain itu, hasil evaluasi juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif dalam penggunaan Dana Desa di tingkat desa.

Pentingnya pelaksanaan Monev oleh Tim Kecamatan Patimuan di Desa Sidamukti adalah untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan keberhasilan pelaksanaan penggunaan Dana Desa. Dengan adanya pelaksanaan Monev yang baik, diharapkan dana yang disalurkan dapat digunakan dengan optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Desa Sidamukti.

Dalam kesimpulannya, pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi kegiatan pelaksanaan APBDes Tahun 2023 yang bersumber dari Dana Desa Tahap I penyerapannya telah mencapai 70% dan berhak untuk mengajukan Pencairan DD Tahap II bulan ini.