Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Cilacap, 12 September 2023 – Kabupaten Cilacap merayakan awal bulan September dengan semangat gotong royong yang berkobar-kobar. Pada Hari Selasa tanggal 12 September 2023, Pj. Bupati Cilacap didampingi Ketua DPRD memimpin acara penting, yaitu pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat kabupaten, yang diadakan di Halaman Kecamatan Patimuan. Acara ini menandai komitmen kuat untuk mempromosikan semangat gotong royong di seluruh wilayah kabupaten.

Gotong royong adalah nilai budaya yang sangat penting di Indonesia. Ini adalah semangat kerjasama dan saling membantu dalam masyarakat. Nilai ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di Cilacap dan di seluruh negeri. Melalui gotong royong, masyarakat bersatu untuk mengatasi tantangan bersama dan membangun kehidupan yang lebih baik.

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah momen yang istimewa dalam upaya mempromosikan semangat gotong royong. Selama sebulan penuh, berbagai kegiatan gotong royong di seluruh kabupaten akan diadakan. Ini termasuk membersihkan lingkungan, memperbaiki infrastruktur desa, dan membantu mereka yang membutuhkan.

Dalam pidato pembukaan acara, Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si menekankan pentingnya gotong royong dalam membangun masyarakat yang lebih kuat dan bersatu. Beliau juga menyoroti peran penting masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memperbaiki fasilitas publik.

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat memiliki beberapa tujuan penting, termasuk:

1. Mempererat Persatuan dan Persaudaraan: Melalui kegiatan gotong royong, masyarakat semakin merasa satu sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar.

2. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Membersihkan lingkungan dan menjaga kebersihan adalah bagian integral dari kegiatan gotong royong, yang berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

3. Membangun Infrastruktur Lokal: Gotong royong juga mencakup perbaikan infrastruktur desa, seperti jalan dan jembatan, yang memfasilitasi mobilitas dan menghubungkan masyarakat.

4. Membantu yang Membutuhkan: Masyarakat gotong royong juga memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, seperti keluarga yang kurang mampu atau mereka yang terdampak bencana.

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat hanya mungkin terwujud berkat partisipasi aktif masyarakat. Semua lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga lansia, berperan dalam upaya ini. Ini adalah momen di mana semangat gotong royong berkobar dan masyarakat bersatu untuk menciptakan perubahan positif.

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah bukti nyata semangat kebersamaan dan komitmen untuk membangun masa depan yang lebih baik. Semoga semangat gotong royong yang menyala ini akan terus terjaga dan menjadi warisan berharga bagi generasi mendatang di Kabupaten Cilacap.