Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Bagi umat muslim di desa Sidamukti kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap, bulan ini selalu ditunggu-tunggu sebagai momen untuk memperkuat iman dan meningkatkan kebaikan. Marhaban yaa Ramadhan 1444 H, selamat datang bulan suci penuh keberkahan!

Di desa Sidamukti, ada banyak kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Di desa Sidamukti, kegiatan sholat tarawih dilakukan setiap malam di masjid atau musala yang ada di desa. Selain itu, ada juga beberapa warga yang membentuk kelompok untuk sholat tarawih secara berjamaah di rumah-rumah.

  1. Buka Puasa Bersama

Buka puasa bersama adalah kegiatan yang sering dilakukan di desa Sidamukti. Warga desa biasanya menggelar acara buka puasa bersama di masjid, musala, atau di rumah-rumah warga yang bergantian menjadi tuan rumah. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antarwarga dan menjalin keakraban di antara mereka.

  1. Kegiatan Sosial

Di bulan Ramadhan, banyak warga desa Sidamukti yang melakukan kegiatan sosial, seperti memberikan makanan atau bantuan kepada orang yang membutuhkan. Ada juga warga yang mengadakan acara berbagi rezeki dengan memberikan bantuan kepada anak yatim atau keluarga kurang mampu.

  1. Tadarus Al-Quran

Tadarus Al-Quran adalah kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan dengan membaca dan mempelajari Al-Quran secara bersama-sama. Di desa Sidamukti, kegiatan tadarus Al-Quran dilakukan di masjid atau di tempat-tempat lain yang disediakan oleh warga desa. Selain itu, ada juga warga yang membentuk kelompok untuk tadarus Al-Quran secara mandiri di rumah masing-masing.

  1. Iktikaf

Iktikaf adalah kegiatan yang dilakukan dengan mengisolasi diri di dalam masjid untuk beberapa waktu dalam rangka beribadah dan memperkuat spiritualitas. Di desa Sidamukti, banyak warga yang melaksanakan iktikaf di masjid-masjid setempat, terutama di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di desa Sidamukti. Semoga kegiatan-kegiatan amalan yang dilakukan selama bulan ini dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Marhaban yaa Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H.