Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, 2023 – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan wadah ekonomi lokal yang memiliki peran strategis dalam menggerakkan perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Desa Sidamukti, Kecamatan yang berada di Kabupaten tertentu, BUMDES telah menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi. Untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi dalam mengelola BUMDES, pengurus BUMDES Sidamukti memutuskan untuk melakukan studi tiru ke Kabupaten Banjarnegara, yang dikenal sebagai salah satu daerah dengan BUMDES yang sukses dan berprestasi.

Rencana studi tiru ini merupakan hasil dari kerja sama yang baik antara pengurus BUMDES Sidamukti dan pemerintah desa setempat. Kedua belah pihak menyadari pentingnya meningkatkan kapasitas pengurus BUMDES agar mampu menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola usaha dan memajukan desa secara berkelanjutan. Banjarnegara, yang telah memiliki pengalaman sukses dalam pengelolaan BUMDES, dipilih sebagai tujuan studi tiru karena kesuksesan mereka dalam meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat.BUMDES SIDAMUKTI Study Tiru di Banjarnegara

Studi tiru ke Banjarnegara bertujuan untuk:

1. Mendapatkan Wawasan Baru: Pengurus BUMDES Sidamukti berharap dapat memperoleh wawasan baru tentang pengelolaan BUMDES, termasuk manajemen, strategi pemasaran, dan diversifikasi produk yang telah berhasil diimplementasikan di Banjarnegara.

2. Belajar dari Pengalaman Sukses: Melalui studi tiru ini, pengurus BUMDES Sidamukti akan dapat mempelajari pengalaman sukses Banjarnegara dalam mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam mengelola BUMDES.

3. Memperkuat Kolaborasi: Studi tiru ini juga diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara BUMDES Sidamukti dengan BUMDES di Banjarnegara, sehingga terbuka peluang untuk kerja sama dan pertukaran pengalaman di masa depan.

Pengurus BUMDES Sidamukti berencana untuk mempelajari beberapa aspek penting dalam pengelolaan BUMDES di Banjarnegara, antara lain:

1. Struktur Organisasi dan Manajemen BUMDES: Studi akan mencakup pemaparan mengenai struktur organisasi BUMDES di Banjarnegara, termasuk peran dan tanggung jawab pengurus serta cara mengoptimalkan sumber daya manusia.

2. Strategi Pemasaran dan Pengembangan Produk: Pengurus BUMDES Sidamukti akan mempelajari strategi pemasaran yang telah sukses dilakukan di Banjarnegara dan cara mengembangkan produk unggulan yang dapat meningkatkan daya saing.

3. Kemitraan dengan Pihak Eksternal: Studi juga akan membahas tentang bagaimana BUMDES di Banjarnegara berhasil menjalin kemitraan dengan pihak eksternal, seperti pemerintah, lembaga keuangan, dan sektor swasta.

4. Diversifikasi Usaha: Pengurus BUMDES Sidamukti akan belajar tentang pentingnya diversifikasi usaha untuk mengurangi risiko dan menciptakan sumber pendapatan yang beragam.

Diharapkan bahwa melalui studi tiru ke Banjarnegara, pengurus BUMDES Sidamukti akan mendapatkan inspirasi dan pengetahuan yang berharga untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas BUMDES mereka. Dengan menerapkan praktik-praktik terbaik yang dipelajari dari Banjarnegara, BUMDES Sidamukti diharapkan dapat lebih sukses dalam menggerakkan perekonomian desa, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Studi tiru ini juga berpotensi untuk memberikan dampak positif pada kemitraan antara BUMDES di berbagai desa, yang akan membantu memperkuat kerjasama dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan bersama. Semoga studi tiru ini menjadi langkah awal yang baik bagi BUMDES Sidamukti untuk menerapkan perubahan positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan desa dan masyarakat secara keseluruhan.