Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Bimtek BPD se Kecamatan PatimuanBadan Permusyawaratan Desa (BPD) memegang peran penting dalam memperkuat sistem pemerintahan desa di Indonesia. Sebagai lembaga perwakilan masyarakat di tingkat desa, BPD memiliki tanggung jawab untuk menyuarakan aspirasi warga, mengawasi kinerja pemerintahan desa, dan berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan. Memahami pentingnya peran BPD dalam pemerintahan desa, Bimbingan Teknis (BIMTEK) tentang peran dan fungsi BPD di Kecamatan Patimuan Tahun 2023 diadakan di Wisma Griyaku Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga selama 2 (dua) hari (21-22 Juli) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi anggota BPD.

BIMTEK BPD yang diadakan pada tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota BPD tentang peran, fungsi, dan tugas-tugas mereka dalam pemerintahan desa. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang tata cara penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan partisipatif. Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota BPD, diharapkan mereka dapat lebih mampu mengambil peran aktif dalam mengatasi berbagai tantangan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh desa.

BIMTEK BPD di Kecamatan Patimuan tahun 2023 mencakup sejumlah materi dan pelatihan yang relevan dengan peran dan fungsi BPD. Materi disampaikan langsung oleh Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Bapak Bintang Dwi Cahyono, AP. MM.sekaligus membuka acara Bimtek didampingi Camat Patimuan Priyo Sutikno, S.Sos, MM dan Sekcam Rohwanto, SH beserta ketua panitia Bapak Sutrisno. Beberapa materi di antaranya adalah:

1. Asas dan Prinsip Pemerintahan Desa : Memahami prinsip-prinsip yang mendasari pemerintahan desa, termasuk otonomi desa, partisipasi masyarakat, transparansi, dan akuntabilitas.

2. Peran dan Fungsi BPD : Menjelaskan peran dan fungsi BPD dalam sistem pemerintahan desa, termasuk pembahasan tentang tugas-tugas BPD dalam pengawasan, pembentukan peraturan desa, serta representasi dan penyampaian aspirasi masyarakat.

3. Penyusunan Peraturan Desa : Membekali anggota BPD dengan pengetahuan tentang proses penyusunan peraturan desa yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

4. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa : Mengajak anggota BPD untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan desa, agar program-program yang dilaksanakan dapat berdampak positif bagi warga desa.

5. Kerjasama Antarlembaga : Memperkuat pemahaman tentang pentingnya kerjasama yang harmonis antara BPD dengan pemerintah desa dan lembaga masyarakat lainnya guna mencapai tujuan bersama.

Untuk mencapai tujuan pelatihan dengan lebih efektif, BIMTEK BPD menggunakan beragam metode pelatihan yang interaktif dan partisipatif. Beberapa metode yang digunakan termasuk:

1. Pemaparan Materi : Para narasumber yang ahli dan berpengalaman dalam bidang pemerintahan desa memberikan pemaparan materi secara komprehensif kepada peserta.

2. Diskusi dan Studi Kasus : Peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan studi kasus untuk menganalisis situasi dan masalah nyata yang sering dihadapi oleh BPD dalam menjalankan tugasnya.

3. Permainan Peran (Role Play) : Melalui permainan peran, peserta dapat mempraktikkan keterampilan dalam situasi yang simulatif dan mendapatkan umpan balik dari fasilitator dan peserta lainnya.

4. Kunjungan Lapangan : Peserta melakukan kunjungan ke beberapa desa di Kecamatan Patimuan untuk memahami secara langsung implementasi kebijakan dan program pembangunan desa.

BIMTEK BPD di Kecamatan Patimuan tahun 2023 diharapkan akan memberikan dampak yang signifikan bagi peran dan kinerja BPD. Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota BPD, diharapkan mereka dapat lebih proaktif dalam menyuarakan aspirasi masyarakat dan mengawasi jalannya pemerintahan desa. Partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan juga diharapkan meningkat, sehingga pembangunan desa dapat berjalan lebih berdaya saing dan berkesinambungan.

Pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Patimuan berharap bahwa BIMTEK BPD tahun 2023 ini akan menjadi langkah awal yang kuat untuk meningkatkan kualitas pemerintahan desa dan mewujudkan desa yang lebih maju, berdaya saing, dan berkeadilan bagi seluruh warganya. Semoga hasil positif dari pelatihan ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam memperkuat peran BPD dan masyarakat dalam membangun Indonesia yang lebih baik.