Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Musdes Perencanaan RKPDes 24 Sidamukti

Musyawarah Desa (Musdes) adalah salah satu momen penting dalam perencanaan pembangunan di tingkat desa. Di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Cilacap, Musdes tahun ini menjadi arena penting untuk merumuskan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2024. Inilah momen di mana warga desa, perangkat desa, dan tokoh masyarakat berkumpul untuk bersama-sama merancang masa depan desa mereka.

Sebelumnya, RKPDes telah menjadi panduan untuk pembangunan di Desa Sidamukti. Dokumen ini mencakup berbagai program dan proyek yang akan dijalankan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup warga desa. Namun, dalam semangat perbaikan berkelanjutan, Musdes tahun ini bertujuan untuk menyempurnakan RKPDes sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Musdes adalah waktu di mana semua suara di desa didengarkan. Warga desa dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk perwakilan dari kelompok rentan, lembaga desa, dan pemuda, berpartisipasi aktif dalam proses ini. Diskusi dan perdebatan yang sehat terjadi, memastikan bahwa prioritas utama dan aspirasi warga terefleksikan dalam perencanaan.

Musdes adalah kesempatan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi desa dan merumuskan solusi yang tepat. Ini juga merupakan saat yang tepat untuk mengidentifikasi peluang pembangunan yang dapat dimanfaatkan. Apakah itu masalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan, atau pembangunan ekonomi, semua aspek ini diperhitungkan dalam proses perencanaan.

Hadir pada Musdes hari ini Rabu, 23 Agustus 2024 yang bertempat di Pendopo Balai Desa Sidamukti adalah Camat Patimuan yang diwakili Kasi Tapem Uung Sumirat, S.IP, Pendamping Desa Turyati Cokro, S.Pd, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai undangan. serta peserta rapat terdiri dari elemen masyarakat, Ketua Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Kelompok Rentan, kelompok perempuan, dan Kelompok Pemuda. Sedangakan beliau Kades Sidamukti berhalangan hadir karena ada undangan bersamaan di Kabupaten bersama Pj. Bupati Cilacap dan diwakili oleh Sekretaris Desa Kuswara, S.Pd.I

Salah satu fokus utama Musdes adalah bagaimana mendukung pembangunan berkelanjutan di desa. Ini mencakup pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan, dan pemanfaatan sumber daya lokal secara bijaksana. Pembangunan berkelanjutan adalah konsep yang sangat penting, mengingat dampak perubahan iklim dan tantangan lingkungan global yang semakin meningkat.

Musdes juga bertujuan untuk mengukuhkan peran Pemerintah Desa dalam melaksanakan RKPDes. Pemerintah desa dituntut untuk menjadi lebih transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan warga desa. Ini mencakup pengelolaan keuangan yang baik dan pelaporan yang jelas kepada masyarakat.

Musdes tahun ini di Desa Sidamukti, Patimuan, Cilacap, adalah tonggak penting dalam perencanaan pembangunan desa. Ini adalah waktu di mana visi bersama untuk masa depan desa dibuat dan prioritas ditetapkan. Dengan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat desa, diharapkan bahwa RKPDes tahun 2024 akan menjadi dokumen yang lebih baik, mencerminkan kebutuhan dan aspirasi warga, serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.