Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pembangunan infrastruktur di tingkat desa memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan konektivitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa bantuan kabupaten khusus dan bantuan provinsi untuk pembangunan infrastruktur desa di Desa Sidamukti dieksekusi dengan efektif dan efisien.

Monitoring dan evaluasi (Monev) adalah suatu proses yang bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan suatu program atau kegiatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Monitoring berfokus pada pengumpulan data dan informasi mengenai pelaksanaan kegiatan secara berkala, sedangkan evaluasi lebih bersifat analisis mendalam terhadap pencapaian tujuan dan efektivitas program atau kegiatan.

Tujuan Monitoring dan Evaluasi

a. Memastikan Kepatuhan Terhadap Rencana: Memonitor dan mengevaluasi untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun, termasuk alokasi anggaran dan sumber daya yang telah dialokasikan.

b. Mengukur Pencapaian Tujuan: Melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana kegiatan telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seperti peningkatan aksesibilitas, kualitas hidup, dan kesejahteraan masyarakat Desa Sidamukti.

c. Identifikasi Permasalahan dan Tantangan: Mengidentifikasi permasalahan atau tantangan yang mungkin timbul selama pelaksanaan kegiatan dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

d. Pengambilan Keputusan yang Tepat: Menyediakan informasi yang akurat dan relevan kepada pengambil keputusan untuk memastikan bahwa intervensi dapat diarahkan dengan baik dan pengalokasian sumber daya dapat dioptimalkan.

Proses Monitoring dan Evaluasi

a. Perencanaan dan Desain Monev: Menetapkan indikator kinerja, target pencapaian, serta metode pengumpulan data yang sesuai dengan jenis kegiatan pembangunan infrastruktur di Desa Sidamukti.

b. Implementasi Monev: Melaksanakan pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan peninjauan dokumen untuk memantau kemajuan dan kualitas pelaksanaan proyek.

c. Analisis dan Interpretasi Data: Menganalisis data yang terkumpul untuk menilai pencapaian target dan mengidentifikasi potensi perbaikan serta rekomendasi untuk pengambilan keputusan.

d. Pelaporan dan Rekomendasi: Menyusun laporan hasil monev yang mencakup temuan, rekomendasi perbaikan, serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

Tantangan dan Solusi

a. Tantangan: Terbatasnya anggaran dan sumber daya untuk monev.

Solusi: Menerapkan metode monev yang efektif namun efisien, seperti teknologi informasi dan keterlibatan masyarakat Desa Sidamukti dalam pengumpulan data.

b. Tantangan: Koordinasi antarinstansi yang terlibat.

Solusi: Mendorong koordinasi yang lebih baik antara Dispermades, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya melalui rapat koordinasi berkala dan komunikasi yang efektif.

Dengan menerapkan proses monitoring dan evaluasi yang baik, Dispermades Cilacap dapat memastikan bahwa bantuan kabupaten khusus dan bantuan provinsi untuk pembangunan infrastruktur Desa Sidamukti berjalan sesuai rencana, memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di tingkat desa. Hadir pada kegiatan monev hari ini 4 (empat) orang Tim yang dipimpin langsung oleh Drs Hanum Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya, Permukiman dan Lingkungan Desa dan didampingi oleh Kasi Kesejahteraan Desa Sidamukti dan Para Kadus sebagai TPK diwilayahnya masing-masing.Semoga kehadiran Tim Monev hari ini dapat meningkatkan kualitas/perbaikan dalam setiap aspek pembangunan.