Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
Kepala Desa dan Tim Pemantau

Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau disingkat Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Musrenbang adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan melalui pendekatan dari bawah ke atas / bottom up planning.

Selasa, 10 Januari 2023 Musrenbang tingkat Desa Sidamukti Tahun 2024 dilaksanakan dengan peserta terdiri dari beberapa unsur masyarakat diantarnya ; perangkat desa, BPD, lembaga pemberdayaan masyarakat, kelompok tani dan nelayan, kelompok perempuan serta kelompok disabilitas.

Peserta musyawarah

Hadir pula Tim Pemantau Musrenbang yang diketuai oleh Sekretaris Camat ROHWANTO, SH, MM dan beberapa anggota dari OPD terkait serta Bhabinkamtibmas Desa Sidamukti. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sutrisno Kepala Desa Sidamukti sekaligus memaparkan evaluasi hasil Musrenbang tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya Ketua Tim Pemantau menyampaikan bahwa Usulan Prioritas Tahun 2024 dari Desa Sidamukti harus sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Cilacap, dalam hal ini Penjabat Bupati Cilacap YUNITA DYAH SUMINAR mencatat tiga poin penting persoalan yang menjadi perhatian dan program kerja pemerintah kabupaten (Pemkab) Cilacap diantaranya masalah kemiskinan, stunting dan infrastruktur. 

Beberapa usulan prioritas tahun 2024 dari Desa Sidamukti pada kesempatan ini pun dicatat dan dimusyawarahkan dengan dasar laju pencapaian data SDGs (Sustainable Development Goals) Desa sesuai dengan IDM (Indeks Desa Membangun) dilakukan scoring/pemeringkatan sehingga menjadi keputusan bersama untuk kemudian dikawal sampai tingkat kecamatan.

Dalam forum ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Hasil Musrenbang dan disepakati untuk mengirimkan Tim Delegasi Desa untuk mengawal usulan dari Desa Sidamukti. Semoga melalui 5 orang tim Delegasi usulan yang telah menjadi kesepakatan musyawarah dapat menjadi bagian rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Cilacap tahun 2024 dan terealisasi.