Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

 

Bencana alam merupakan ancaman yang selalu mengintai, terutama bagi daerah-daerah yang rawan terhadap berbagai jenis bencana. Oleh karena itu, penting bagi lembaga kemasyarakatan di tingkat desa, seperti Ketua RT, Ketua RW, dan Linmas, untuk memiliki kesiapsiagaan yang baik dalam menghadapi bencana. Di Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, tahun 2024 ini dilakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana skala lokal bagi lembaga kemasyarakatan utama tersebut.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas Ketua RT, Ketua RW, dan Linmas dalam mengidentifikasi potensi bencana di wilayah mereka, merencanakan tindakan mitigasi yang tepat, serta menanggapi bencana dengan cepat dan efektif. Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan tentang koordinasi dengan instansi terkait dan pengelolaan logistik dalam situasi darurat.

Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pemahaman tentang pentingnya peran aktif lembaga kemasyarakatan dalam mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam upaya persiapan menghadapi bencana. Dengan melibatkan masyarakat secara luas, diharapkan upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Melalui pelatihan kesiapsiagaan bencana ini, diharapkan Ketua RT, Ketua RW, dan Linmas Desa Sidamukti dapat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana skala lokal. Mereka diharapkan mampu memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat dalam menghadapi bencana, sehingga kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalkan.

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana merupakan investasi yang sangat berharga bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Desa Sidamukti dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan bencana di tingkat lokal.