Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Tanggap Bencana SIdamukti

Desa Sidamukti, adalah sebuah desa kecil yang terletak di pedalaman Indonesia tepatnya berada di wilayah Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap telah mengadakan program pelatihan kesiapsiagaan tanggap bencana pada tahun 2023. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mempersiapkan diri dan tanggap dalam menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di masa depan.

Bencana alam sering kali menjadi ancaman bagi masyarakat di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang rawan terkena bencana seperti gempa bumi, banjir, dan longsor. Oleh karena itu, pelatihan kesiapsiagaan tanggap bencana menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana alam tersebut.

Program pelatihan kesiapsiagaan tanggap bencana ini dilakukan di balai desa Sidamukti pada tanggal 18 April2023. Acara ini dihadiri oleh sekitar 70 orang, termasuk kepala desa, aparat desa, relawan bencana, dan masyarakat umum. Acara dibuka oleh kepala desa Sidamukti, SUTRISNO yang memberikan sambutan dan menjelaskan tujuan dari program ini.

Pelatihan dilakukan oleh beberapa narasumber yang ahli di bidang penanggulangan bencana. Narasumber pertama adalah seorang ahli geologi yang memberikan materi tentang potensi bencana alam yang mungkin terjadi di daerah tersebut. Narasumber kedua adalah seorang ahli pertolongan pertama yang memberikan informasi tentang tindakan pertolongan pertama yang harus dilakukan dalam situasi darurat. Narasumber ketiga adalah seorang relawan bencana yang memberikan informasi tentang cara mengatur posko dan koordinasi dalam situasi darurat.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesiapsiagaan tanggap bencana. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah simulasi evakuasi yang dilakukan oleh relawan bencana. Seluruh peserta diminta untuk berpartisipasi dalam simulasi evakuasi ini dan dipandu oleh relawan bencana dalam menghadapi situasi darurat.

Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa Sidamukti dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan tanggap dalam menghadapi bencana alam. Diharapkan juga, acara ini akan menjadi awal yang baik untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesiapsiagaan tanggap bencana dan memberikan persiapan yang lebih baik bagi masyarakat di desa Sidamukti.