Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Pada hari Kamis, 26 Juli 2018, Pemerintah Desa Sidamukti mengundang para kader kesehatan dari 10 Posyandu yang ada di Desa Sidamukti untuk menerima bantuan operasional Posyandu sekaligus mengikuti acara Orientasi Kader Kesehatan di Balai Desa Sidamukti. Acara yang di mulai pada pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Desa Sidamukti, Bapak Dharsono. Dalam kesempatan ini beliau berpesan agar bantuan kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga para kader Posyandu lebih maksimal dalam bertugas. Beliau juga menghimbau untuk menghadiri pencanangan Kampung KB di RW 3 pada tanggal 20 Agustus mendatang.

Acara Orientasi Kader Kesehatan mempunyai maksud untuk menyamakan persepsi KMS dan Germas yang disampaikan oleh Ibu Tati. Beberapa hal yang disampaikan oleh beliau antara lain adalah pola hidup sehat, penggunaan teknologi tepat guna untuk mendapatkan air bersih, dan pengelolaan limbah dan sampah. Pola hidup sehat diantaranya adalah aktivitas fisik, yaitu rajin berolahraga, banyak makan buah dan sayur, dan cek rutin kesehatan. Penggunaan teknologi Tepat Guna berupa Caporite Difuse dan Chlorine Difuse untuk mendapatakan air yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak berrasa, dan bebas dari zat-zat yang berbahaya. Beliau juga menyarankan agar limbah rumah tangga disaring dulu sebelum disalurkan ke tempat pembuangan umum dan tiap rumah tangga memisahkan sampah organik dan anorganik agar bisa memanfaatkannya, sampah organik untuk pupuk, sampah anorganik untuk didaur ulang. Dan terakhir beliau menghimbau agar jangan membuang sampah ke kali dan penting untuk setiap rumah memiliki jamban sehat. dari para perangkat desa Sidamukti dan para kader kesehatanlah yang pertama mencontohkannya.

Acara hari itu diakhiri dengan pemberian bantuan berupa 1 set meja dan kursi dan 1 set alat tensimeter yang diberikan oleh Bapak Kepala Desa Sidamukti kepada tiap-tiap posyandu.