Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052

Sidamukti, 6 Juni 2024 – Pemerintah Desa Sidamukti bekerja sama dengan PUSKESMAS Patimuan kembali menyelenggarakan Kelas Ibu Hamil yang telah menjadi program rutin untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak di wilayah tersebut. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Bidan Desa Sidamukti, Ibu Sevy Ambar Budi, dan mendapatkan sambutan hangat serta partisipasi antusias dari para ibu hamil di desa tersebut.

Kelas Ibu Hamil kali ini menampilkan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan para ibu dan janin yang dikandung. Salah satu kegiatan utama yang menarik perhatian adalah senam hamil, yang dirancang khusus untuk membantu ibu hamil tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan. Senam ini dipimpin oleh instruktur berpengalaman yang memberikan arahan gerakan senam yang aman dan efektif.

Selain senam hamil, para peserta juga mendapatkan makanan tambahan bergizi yang disediakan oleh PUSKESMAS Patimuan. Makanan tambahan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, memastikan asupan gizi yang cukup untuk perkembangan janin yang sehat. Pemberian makanan tambahan ini juga merupakan upaya untuk mencegah masalah gizi yang sering dihadapi oleh ibu hamil di pedesaan.

Ibu Sevy Ambar Budi, selaku koordinator kegiatan, mengungkapkan bahwa kelas ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga memberikan edukasi kepada ibu hamil tentang pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan. “Kami berharap, melalui kelas ini, para ibu hamil dapat lebih memahami pentingnya pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan pemeriksaan kehamilan secara rutin,” ujar Ibu Sevy.

Para peserta mengaku sangat terbantu dengan adanya kelas ini. Mereka merasa lebih siap menghadapi proses kehamilan dan persalinan berkat bimbingan yang diberikan. Salah satu peserta, Ibu Rina, mengatakan, “Kelas ini sangat bermanfaat. Saya jadi lebih tahu cara menjaga kesehatan selama hamil dan merasa lebih tenang karena ada dukungan dari bidan dan petugas kesehatan.”

Program Kelas Ibu Hamil ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Sidamukti dan PUSKESMAS Patimuan dalam meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak di wilayahnya. Dengan adanya program ini, diharapkan angka kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir di Desa Sidamukti dapat meningkat secara signifikan.

Kegiatan Kelas Ibu Hamil ini akan terus berlanjut dengan berbagai inovasi dan penambahan materi edukasi yang relevan, sehingga dapat terus memberikan manfaat optimal bagi para ibu hamil di Desa Sidamukti.