Notice: Undefined index: replace_iframe_tags in /home/sidamukti/domains/sidamukti.desa.id/public_html/wp-content/plugins/advanced-iframe/advanced-iframe.php on line 1052
Kasi kesra bersama guru ngaji

Pembangunan Manusia Indonesia Seutuhnya merupakan tujuan pembangunan nasional yang mencakup disegala bidang. Dua (2) tahun ini Pemerintah RI melanjutkan dengan pembangunan berkelanjutan melalui program SDGS Desa. Salah satu programnya melalui alokasi Dana Desa tahun 2022 Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa salah satu kegiatannya dalam bidang Pendidikan adalah pemberian Honor Guru PAUD dan Guru TPQ.

Dana Desa tahap II menyalurkan honor tersebut untuk bulan juli-oktober 2022/ empat (4) bulan masing-masing. Jumlah guru PAUD 9 (sembilan) orang dan guru TPQ 16 (enam belas) orang. Total ada 25 orang guru yang mendapatkan honor. Tentu bukan nominal yang kita pandang namun perhatian dan saling menjaga serta merawat potensi sumber daya manusia yang ada.

25 orang guru TPQ dan PAUd

Desa Sidamukti memiliki Gedung PAUD (pendidikan anak usia dini) 4 ( empat) unit , 3 diantanya dibangun sepenuhnya oleh Pemdes Sidamukti baik lewat PNPM ataupun Dana Desa dengan jumlah guru 13 (tiga belas) orang, namun tidak semua honornya bisa diakomodir oleh Pemdes tetapi bantuan lain seperti sarpras APE (alat peraga edukatif) bahkan pengadaan tanah untuk gedung PAUD dimaksud.

Sedangkan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) ada 3 (tiga) unit yang dibangun melalui Dana Desa yang sebelumnya secara swakelola sudah ada beberapa unit TPQ dibangun di wilayah desa Sidamukti sehingga guru/kyai yang mengampu lebih dari 20 orang. Ada juga yang masih melaksanakan kegiatan ngaji di rumah ustadz atau pak kyainya.

Pada Bidang pendidikan mereka menjadi prioritas penyerapan dana desa. Sinergitas dibangun antara Pemerintah Desa dengan Lembaga Pendidikan yang ada Sidamukti karena Pembangunan tidak selamanya bersifat fisik tetapi menyiapkan generasi penerus yang berpendidikan baik formal maupun non formal seperti TPQ adalah bentuk pembangunan berkelanjutan.

Semoga pendidikan yang ada di sidamukti semakin berkualitas serta maju dan diiringi pendidikan agama melalui TPQ/Madin semakin berkarakter. Sehingga harapannya dapat membentuk generasi yang bahagia di dunia dan kelak di akhirat. Aaamiin.